Distro Linux

 on Tuesday, July 30, 2013  

Kita mungkin masih ada yang bertanya dalam hati tentang arti distro linux. Apa itu artinya distro linux , mungkin kaos bertuliskan linux? Kayaknya bukan deh. Ada beberapa orang yang bilang distro linux singkatan dari distribusi linux, apa pula nih?

Waktu menciptakan Linux pertama kali dulu, Linus Torvalds tidak membuat hasil karyanya untuk kepentingan komersial ataupun untuk menguasainya sendiri, tapi ada semangat membagikan dengan yang lain. Siapa saja boleh mempelajari dan mengembangkan source code linux, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Linux bersifat open source yang ada dibawah lisensi General Public License (GPL). Tentang Open Source bisa Anda baca disini.

Semua orang boleh mengembangkan versi Linux miliknya sendiri sesuai keinginan masing-masing dan kemampuan masing-masing. Hasil orang yang mengembangkan distro linux inilah yang disebut dengan Distro Linux. Andapun berhak mengembangkan Linux Anda sendiri dan boleh dinamai apapun terserah. Penulis sendiri mengembangkan distro sendiri dan dinamai distro Linux Softice , silakan kalau Anda mau baca hal itu, klik aja link tersebut.

Tujuan dari dibuatnya sebuah distro adalah untuk menyederhanakan prosedur instalasi yang rumit. Tidak semua orang mampu me-maintanance kernel Linux yang katanya kayak bahasa planet itu. Untuk mereka yang tidak terlalu familiar dengan “bahasa planet”nya kernel Linux inilah distro yang banyak ragam ini dibuat.

Distribusi Linux atau Distro Linux yang paling awal ada misalnya distro ‘Boot-root’ yang dikembangkan oleh HJ Lu, distro ‘MCC Interim Linux’ yang dikembangkan di  University of Manchester, distro ‘TAMU Linux’ milik Texas A&M University, Softlanding Linux System karya MCC Interim Linux (yang akhirnya berkembang jadi distribusi linux ‘Slackware’ yang cukup popular hari ini) , dan  Yggdrasil Linux/GNU/X yang merupakan distribusi Linux pertama yang berbasis CD-ROM.

Banyak contoh distro yang “berhasil” , contohnya Mandrake, Debian, Red Hat, Slackware, SuSE, Yellowdog, Ubuntu, Fedora, CentOS, LindowsOS, Xandros, dan lain sebagainya.


Memang kadang kita justru bingung dan ragu saat harus memilih salah satu dari distro yang tersedia tersebut. Gimana cara / tips untuk memilihnya? Cari di artikel di blog ini. Oke?
Distro Linux 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, July 30, 2013 Kita mungkin masih ada yang bertanya dalam hati tentang arti distro linux. Apa itu artinya distro linux , mungkin kaos bertuliskan linux? K...


2 comments:

  1. dan karena banyak distro tersebut kadang orang jadi males buat belajar linux dan nyaman make windows. kalo aku sih cuma bisanya make ubuntu doang. cuma tau beberapa distro lain kaya sabily, mint dll :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, karena kita masih nyaman pakai software ilegal... kalau kita malu pakai software ilegal... belajar linux kayaknya sepadan

      Delete

Silakan berkomentar ....