Free Open Source Software bukan Barang Baru

 on Wednesday, May 29, 2013  

Apa sih Free Open Source Software (FOSS) itu? Ini yang masih sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang di Indonesia. Padahal hampir setiap hari, kita menggunakannya. FOSS merupakan sebuah perangkat lunak yang boleh kita bagikan atau kita kembangkan sendiri dengan bebas. Contoh dari FOSS yang paling terkenal adalah Linux, OpenOffice, Joomla, dll.

Selama ini kita menganggap Free Open Source Software (FOSS) sebagai suatu teknologi di awang awang yang masih jaaaauuuhhhhhhh dengan kehidupan sehari-hari. FOSS masih merupakan suatu perangkat lunak yang susah dipakai. Ada yang berpendapat bahwa software semacam Linux, OpenOffice, dan Joomla hanya untuk orang-orang yang konsen di perangkat lunak, istilahnya “Orang Komputer”. Pendapat bahwa FOSS hanya untuk “Orang Komputer” ini yang membuat FOSS semakin jauh dari pengguna komputer.

Padahal, kalau kita mau sedikit bersusah dengan berkenalan dengan FOSS, kita akan melihat banyak peluang yang bisa digarap. Sebuah sumber inspirasi, sumber ilmu, dan tentunya yang tak kalah penting adalah sumber uang yang masih sangat terbuka lebar.

Tak sadar selama ini kita telah banyak menggunakan FOSS lho. Coba Anda cek, website yang sering Anda kunjungi itu, banyak yang pakai FOSS. Belum lagi nama nama berikut : Wodrpress, MySQL, PHP, Apache, dan OS Commerce tentunya tak asing lagi. Sering kita pakai….. itu FOSS loh… Open Source juga.

Belum lagi nama besar seperti Android, XAMPP, VLC Player, dab Notepad Plus Plus, pastilah banyak dari kita yang sudah pakai…. Apa artinya? Artinya sebenarnya FOSS / Open Source itu bukan hal baru, bukan hal susah, karena sadar atau tak sadar kita telah menggunakannya cukup lama. Masalah susah, itu cumin faktor pembelajaran aja kok.


Masih beranggapan Open Source barang baru dan susah?
Free Open Source Software bukan Barang Baru 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, May 29, 2013 Apa sih Free Open Source Software (FOSS) itu? Ini yang masih sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang di Indonesia. Padahal hampir setia...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....