Linux SoftIce®

 on Monday, February 11, 2013  


Linux SoftIce® merupakan sebuah Sistem Operasi Linux yang dikembangkan oleh Komunitas Open Source yang  ditujukan khusus untuk instansi perkantoran. Semua software yang tertanam di dalam Linux SoftIce® bersifat Open Source. Jadi bebas dikembangkan dan digunakan oleh siapapun.

Misi dari Linux SoftIce® adalah memigrasikan software-software instansi perkantoran dari yang sebelumnya bersifat Close Source menjadi Open Source.

Logo Linux SoftIce® adalah gambar orang bergandengan tangan, melingkar, dan terpusat pada satu titik, itu artinya adalah : Linux SoftIce® Dibangun dan dikembangkan bersama-sama, dan dengan satu tujuan, yaitu GO OPEN SOURCE.

Keuntungan dari penggunaan Linux SoftIce® 
  1. Bebas biaya tambahanLinux SoftIce® membebaskan kita dari biaya lisensi karena ia bersifat GPL (General Public License), bebas memodifikasi, bebas mempelajari serta bebas untuk menyebarluaskan untuk umum. 
  2. Menekan biaya pembelian software. Pengurangan anggaran untuk pembelian software legal, sehingga anggaran bisa di alokasikan untuk kepentingan lainnya. Semakin banyak penggunaan software berbayar, semakin besar pula biaya/cost yang harus dikeluarkan untuk membeli software tersebut, alternatif yang untuk menekan biaya pembelian software dengan melakukan migrasi dan menggunakan Linux SoftIce®.
  3. Membebaskan dari dari beban moral pembajakan. Dengan menggunakan Linux SoftIce® kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan.
  4. Transfer knowledge. Linux SoftIce® yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari source codenya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT.
  5. Perangkat lunak yang stabil. perangkat lunak Linux SoftIce® jarang menyebabkan perangkat lunak yang lama mengalami kerusahan atau tidak bekerja, contohnya sistem operasi linux sangat mendukung hampir seluruh program yang ada.
  6. Dukungan update dan repositorySoftware dari Linux SoftIce® hampir semuanya dimudahkan dalam proses update. Dan memiliki dukungan repository yang luas. (harus memiliki koneksi dengan internet).
  7. Tidak akan menemukan BSOD (Blue Screen Of Death).Masalah ini tidak akan terjadi di Linux SoftIce® karena Linux sangat stabil. Tidak seperti windows yang sering mengalami hang dan crash. Kalopun terjadi crash, intensitasnya  tidak akan sesering Windows.
  8. Aman dan Bebas dari virus, trojan, maupun malware.Virus kebanyakan dibangun dan di desain untuk bekerja di lingkungan system operasi Windows, sehingga dengan menggunakan Linux SoftIce®  anda akan terbebas dari gangguan virus yang biasanya sering mengganggu pekerjaan anda. Virus tidak akan berjalan di Linux SoftIce® . Anda juga tidak perlu kuatir saat berselancar di internet, karena trojan dan dan malaware juga tidak mampu menembus keamanan Linux SoftIce® 
  9. Tidak memerlukan hardware dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Untuk menggunakan Linux SoftIce® tidak perlu menggunakan spesifikasi hardware yang terlalu tinggi.
  10. Komunitas yang siap membantu. Terdapat banyak sekali komunitas pengguna Linux yang siap membantu jika anda menemui kesulitan atau masalah. Anda bisa masuk kedalam Forum-forum Open Source  atau sekedar mencari solusi dengan memanfaatkan Google. Hampir semua masalah bisa diatasi hanya dengan modal mencari dan membaca.


Linux SoftIce® 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Monday, February 11, 2013 Linux SoftIce® merupakan sebuah Sistem Operasi Linux yang dikembangkan oleh Komunitas Open Source yang  ditujukan khusus untuk instansi ...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....