Dinamic Host Configuration Protocol

 on Saturday, July 1, 2017  




Dinamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan sebuah protokol yang secara otomatis memberikan alamat IP yang unik untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. 

Dengan DHCP, tidak perlu secara manual menetapkan alamat IP ke perangkat baru. Oleh karena itu, tidak ada konfigurasi pengguna diperlukan untuk menyambung ke jaringan DCHP berbasis. Karena kemudahan penggunaan dan dukungan luas, DHCP adalah protokol standar yang digunakan oleh kebanyakan router dan peralatan jaringan.

Bila Anda terhubung ke jaringan, perangkat Anda dianggap sebagai klien dan router server. Agar berhasil terhubung ke jaringan melalui DHCP, langkah-langkah berikut harus terjadi.Ketika klien mendeteksi itu telah terhubung ke server DHCP, ia akan mengirimkan permintaan DHCPDISCOVER Router baik menerima permintaan atau pengalihan ke server DHCP yang sesuai. 

Jika server menerima perangkat baru, ia akan mengirim pesan DHCPOFFER kembali ke client, yang berisi perangkat klien alamat MAC dan alamat IP yang ditawarkan.Klien mengembalikan pesan DHCPREQUEST ke server, membenarkan hal itu akan menggunakan alamat IP.

Akhirnya, server merespon dengan pesan DHCPACK pengakuan bahwa menegaskan klien telah diberikan akses (atau sewa) untuk waktu tertentu.DHCP bekerja di latar belakang saat Anda terhubung ke jaringan, sehingga Anda akan jarang melihat salah satu langkah di atas terjadi. Waktu yang diperlukan untuk terhubung melalui DHCP tergantung pada jenis router dan ukuran jaringan, tetapi biasanya memakan waktu sekitar 3-10 detik. 

DHCP bekerja dengan cara yang sama untuk kedua koneksi kabel dan nirkabel, yang berarti komputer desktop, tablet, dan smartphone semua dapat terhubung ke jaringan berbasis DHCP pada saat yang sama.

Dinamic Host Configuration Protocol 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Saturday, July 1, 2017 Dinamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan sebuah protokol yang secara otomatis memberikan alamat IP yang unik untuk set...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....