Alasan kenapa Bagus pakai Open Source

 on Wednesday, July 5, 2017  

Dengan semakin banyaknya perusahaan swasta besar dan organisasi pemerintah dan yang sekarang menggunakan perangkat lunak open source seperti Linux, membuktikan bahwa Open Source sudah banyak diperhitungkan. Semakin jelas bahwa harga bukan satu-satunya keuntungan mempergunakan perangkat lunak berjenis Free Open Source Software (FOSS) tersebut. Perusahaan swasta yang cukup “kaya” pun sekarang lebih menyukai menggunakan Free Open Source Software. 

Walaupun mereka mempunyai kemampuan untuk membeli perangkat lunak yang berbayar, tetapi itu tidak mereka lakukan, kenapa?

Hal tersebut diatas membuktikan bahwa perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (FOSS) memiliki berbagai keuntungan menarik lainnya untuk bisnis. Butuh beberapa contoh alasan menggunakan FOSS? Mari kita perhatikan hal hal berikut ini :

1 Keamanan 
Seperti kita ketahui, keamanan yang dijanjikan oleh FOSS sangat bagus dan sudah teruji diberbagai kesempatan. Keamanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan di dunia bisnis ataupun organisasi pemerintahan. Kenapa keamanan FOSS bagus? Kode sumber / source code dalam FOSS boleh dilihat oleh siapa saja. Artinya semakin banyak orang yang dapat melihat dan menguji satu set kode, semakin besar kemungkinan setiap kelemahan akan ditangkap dan diperbaiki dengan cepat.
Hal ini berbeda dengan beberapa produk berbayar yang kadang lebih suka menyembunyikan set kode yang bermasalah daripada mencoba memperbaikinya. Mungkin Anda sendiri sering pernah mengalaminya atau mengetahui hal semacam ini.

2 Kualitas 
Mana yang lebih mungkin untuk menjadi lebih baik, sebuah  paket perangkat lunak yang dibuat oleh segelintir pengembang, atau paket perangkat lunak yang dibuat oleh ribuan pengembang? Tentunya kita bisa katakan paket perangkat lunak yang dibuat oleh ribuan pengembang  memiliki kualitas yang lebih baik. Karena adanya pengembang tak terhitung jumlahnya dan pengguna yang bekerja untuk meningkatkan kualitas dari perangkat lunak open source, sehingga memunculkan banyak fitur baru. Fitur itu merupakan hasil inovasi untuk perangkat lunak FOSS. 

Secara umum, perangkat lunak open source akan paling dekat dengan apa yang pengguna inginkan karena para pengguna dapat ikut menyumbang saran dalam pembuatannya. Jadi disini kebutuhan pengguna jadi lebih bisa terwakili yang tentunya meningkatkan kualitas dan guna dari perangkat lunak FOSS tersebut diatas. 


3 Customizability / Mudah di Sesuaikan dengan Kebutuhan
Pengguna bisnis dapat pula menjadi pengembang perangkat lunak FOSS itu sendiri dengan mengambil sebuah software open source dan memodifikasi FOSS tersebut. Hal ini dilakukan untuk menambahkan fungsionalitas yang mereka inginkan. Bisakah hal ini dilakukan untuk perangkat lunak berbayar ?



Alasan kenapa Bagus pakai Open Source 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, July 5, 2017 Artikel Indo, e Gov, Internet, Kominfo, Komputer Umum, Linux, Open Source, Umum, Free, Open, Source, FOSS Dengan semakin banyaknya perusahaan swasta besar dan organisasi pemerintah dan yang sekarang menggunakan perangkat lunak open source sepe...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....