Internet of Things

 on Thursday, June 22, 2017  



Apa itu Internet of Things ? Itulah pemikiran yang pertama kali muncul saat kita membaca istilah ini. Memang istilah ini masing asing, namun akhir akhir ini lebih sering terdengar.

Internet of Things (IoT) merupakan perangkat fisik yang sudah terhubung dengan internet. Perangkat tersebut bisa berupa telepon pintar atau smartphone, komputer atau personal computer, kendaraan atau smart vehicle, rumah gedung atau smart house, perabot rumah tangga atau smart furniture. Boleh dikatakan, Internet of Things adalah dunia tersendiri, dimana perangkat perangkat pintar akan memberikan informasi dan layanan yang sudah disesuaikan dengan masing masing penggunanya.

Namun jika bicara tentang IoT, tidak hanya sebatas pada perangkatnya saja, tetapi juga bicara bagaimana seorang manusia atau user dapat mengelola beberapa hal berbeda sekaligus, atau bagaimana user mampu mengoperasikan beberapa jenis perangkat sekaligus untuk melakukan beragam hal. Misalnya saat dikantor, user dapat menghidupkan dan mematikan lemari pendingin dirumahnya. Atau user yang berada di Aceh bisa melihat meter bahan bakar mobilnya yang terparkir di Jayapura.

Sangat diharapkan bahwa dengan adanya perangkat perangkat pintar tersebut diatas yang terhubung ke Internet, akan membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik dan lebih berkualitas. Namun sekarang ini, sementara baru dunia industri saja yang merasakan dampak positif Internet of Things.

Perkembangan Internet of Things sendiri sangat tergantung pada pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan, dimana pembangunan infrastruktur ini tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, tapi harus dilakukan secara bersama dan terkolaborasi dengan baik. Jika infrastruktur tersebut sudah baik dan optimal, maka akan banyak muncul keuntungan dari Internet of Things bagi kehidupan manusia.

Disadari atau tidak,  Internet of Things ini telah mendorong inovasi inovasi disegala bidang kehidupan. Hal ini dimungkinkan karena adanya “komunikasi” antara perangkat perangkat atau benda benda yang sebelumnya tidak terhubung. Dengan adanya IoT sebuah telepon bisa terhubung dengan sebuah mobil dan disaat yag bersamaan terhubung dengan lemari pendingin.

Salah satu penerapan IoT yang telah dirasakan adalah adanya smart city. Atau proses cetak otomatis sebuah gambar yang kita kirim ke media sosial digital Instagram hanya dengan mencantumkan tagar tertentu, disini aplikasi media sosial sudah mampu berkomunikasi dengan perangkat keras printer yang terkoneksi ke internet. 
Internet of Things 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, June 22, 2017 Artikel Indo, Cyber, e Gov, Komputer Umum, Komunikasi, Internet, Teknologi, Telekomunikasi, Internet of Things, Things, Smart, City, Smartphone, Vehicle Apa itu Internet of Things ? Itulah pemikiran yang pertama kali muncul saat kita membaca istilah ini. Memang istilah ini masing asing...


2 comments:

  1. IoT memudahkan kita ya mas utk mengoperasikan semua hal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari IoT

      Delete

Silakan berkomentar ....