Bahasa Pemrograman GO

 on Tuesday, February 7, 2017  


Bahasa Go atau sering juga disebut sebagai GoLang  adalah bahasa pemrograman open source  dan gratis yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 2007. Munculnya bahasa ini sendiri dibidani oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Go dikompilasi dan ditulis dalam bahasa Algol dan C.

Bahasa ini mulai dikenal atau diumumkan pada bulan November 2009. Pada awalnya memang Go diperuntukkan bagi perangkat lunak produksi dari Google secara intern, namun pada perkembangannya Bahasa Go dapat digunakan dalam beberapa sistem produksi Google, ataupun perangkat lunak yang diproduksi oleh perusahaan lain atau pihak lain diluar Google.

Pada Go terdapat dua implementasi utama, yaitu compiler “gc” dan compiler “gccgo”. Google Go compiler, "gc", dikembangkan sebagai perangkat lunak open source dan menargetkan berbagai platform termasuk Linux, OS X, Windows, berbagai versi BSD dan Unix, dan juga, karena 2015, perangkat mobile, termasuk smartphone. Sebuah kompiler kedua, “gccgo”, adalah frontend GCC. The "gc" toolchain telah self hosting sejak versi 1.5.

Go berasal sebagai percobaan oleh Google insinyur Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson untuk merancang sebuah bahasa pemrograman baru yang akan menjadi jawaban kritik umum dari pengguna bahasa lain sambil mempertahankan karakteristik positif sebuah bahasa pemrograman. Secara singkat dapat kita katakan , Go adalah open source yang sederhana, handal, efisien. Go adalah bahasa pemrograman yang menjadi jawaban atas kebutuhan pemrograman dunia modern saat ini.

Bahasa Go menyertakan fitur berikut:
  • statically typed, scalable untuk sistem yang besar (seperti Java dan C ++)
  • produktif dan mudah dibaca, tanpa terlalu banyak kata kunci dan pengulangan
  • tidak memerlukan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE)
  • dukungan jaringan dan multiprocessing

Go 1.0 dirilis pada Maret 2012. Go  1.7 menambahkan beberapa perubahan kecil dan satu port untuk MacOS 10.12 Sierra. Disamping itu,  ditambahkan beberapa port eksperimental, misalnya untuk Linux pada Sistem z (linux / s390x). Beberapa perubahan pada library aktif; misalnya sekarang mendukung Unicode 9.0. 
Bahasa Pemrograman GO 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, February 7, 2017 Artikel Indo, Bahasa, Baru, Internet, Java, Linux, Open Source, Pemrograman, Programming, Go, Google, Mobile Bahasa Go atau sering juga disebut sebagai GoLang  adalah bahasa pemrograman open source  dan gratis yang diperkenalkan oleh Google pad...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....