Televisi Digital, Siap atau Tidak?

 on Wednesday, October 30, 2013  

Sesuai janji Pemerintah Indonesia kepada dunia, bahwa pada tahun 2018 , semua televisi analog di Indonesia harus “switch off”. Artinya semua Stasiun Televisi yang sekarang ini ada dan beroperasi ( artikel ini ditulis pada tanggal 30 Oktober 2013) harus menggulung gelaran siaran analognya dan menggantinya dengan siaran digital. Mau tidak mau dunia pertelevisian Indonesia harus menyesuaikan diri kalau tidak mau di tinggal oleh semua masyarakat pertelevisian di dunia.

Yang menjadi keprihatinan adalah kesiapan Indonesia sendiri secara total pada datangnya era Televisi Digital ini belum terlihat dengan jelas. Mungkin insan pertelevisian Indonesia telah bersiap akan hadirnya Digital TV di Indonesia. Namun sepertinya masyarakat umum belum mempunyai kesiapan yang cukup untuk menyambut gegap gemita serbuan Digital TV. Belum banyak yang tahu tentang apa sebenarnya Televisi Digital itu. Beberapa teman bertanya kepada penulis tentang Televisi Digital ini baik pertanyaan teknis dan non teknis. Dari sini penulis bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya masih diperlukan persiapan di masyarakat sendiri.

Belum lagi kesiapan Pemerintah juga sepertinya masih perlu ditunggu gebrakannya. Banyak embrio Televisi Digital yang telah muncul. Banyak proposal berdirinya Televisi Digital yang telah disampaikan kepada pemerintah, baik itu di pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. Walau demikian keadaan real yang ada, kepastian hukum tentang Televisi Digital masih dalam tahap “di-godog”. Tentunya pelaku bisnis Televisi Digital dan masyarakat secara luas menunggu kabar baik munculnya aturan – aturan dalam bentuk kepastian hukum dari pemerintah. Apapun yang terjadi, tanpa kejelasan hukum dari pemerintah kehadiran Televisi Digital di Indonesia bagai mimpi di siang hari.

Dari sisi teknis, transisi teknologi Televisi Digital yang diadopsi dari teknologi Jerman ini juga belum banyak dibahas di masyarakat. Teknologi ini sudah cukup baik untuk diterapkan di Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Memang ada bermacam teknologi Televisi Digital yang menjadi pilihan di dunia. Ada teknologi milik Jepang yang cukup eksklusif kalau tidak boleh dibilang “cukup menyendiri”. Ada pula teknologi China yang bagus pula. Tak kalah bagusnya teknologi Televisi Digital milik Perancis yang sama baiknya dengan milik Jerman. Yang cukup fenomenal adalah teknologi Televisi Digital milik Korea Selatan yang sudah masuk ke dalam kategori Mobile Digital Television.

Kapankan kita siap merengkuh kehadiran Televisi Digital ini dalam tangan kita? Semua tergantung pada kita sendiri selaku masyarakat penikmat siaran televisi. Kita harus mulai memberi perhatian akan informasi teknologi Televisi Digital ini. Disamping itu, kesiapan Indonesia tak lepas dari keterlibatan pemerintah Indonesia untuk segera meng-akomodir hadirnya Stasiun Televisi Digital dengan dibuatnya peraturan untuk menjadi kepastian hukum pelaksanaan siaran Televisi Digital.

Mari bersama menyatukan tangan merangkul teknologi Televisi Digital ini demi segera terlaksananya siaran Televisi Digital di Indonesia.

Salam Indonesia

Televisi Digital, Siap atau Tidak? 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, October 30, 2013 Sesuai janji Pemerintah Indonesia kepada dunia, bahwa pada tahun 2018 , semua televisi analog di Indonesia harus “switch off”. Artinya se...


2 comments:

  1. Saya juga masih belum ngerti soal Televisi Digital.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... banyak yang belum jelas tentang Televisi Digital mas... moga bisa memberi sedikit penjerahan disini.....

      Delete

Silakan berkomentar ....