Free Open Source Software dan Jenis Lain Lisensi Software

 on Tuesday, June 4, 2013  

Selain Free Open Source Software (FOSS), ada banyak sekali lisensi lain. Beberapa yang cukup terkenal antara lain :

  1. 1.       Proprietary Software yang sering disebut software berbayar. Lisensi ini terkenal dengan adanya istilah Copyright yang mengharuskan seseorang/ organisasi membayar sejumlah uang kepada pemilik software yang memegang copyright-nya.
  2. 2.       Freeware (Gratis) yaitu software yang boleh dipergunakan oleh siapa saja tanpa harus membayar sejumlah uang kepada pembuat software tersebut. Namun jenis software ini sering kali tidak termasuk dalam katagori Open Source.
  3. 3.       Crippleware, merupakan sejenis Software yang gratis , tapi pada fungsi fungsi khusus saja. Biasanya yang digratiskan ini adalah fungsi fungsi dasarnya. Untuk dapat memakai keseluruhan fungsi software yang tentunya lebih powerfull, user harus membayar sejumlah uang kepada pemilik software yang memegang lisensi.
  4. 4.       Donationware. Jenis software ini sangat mirip dengan software gratis, namun disini ada himbauan dari pembuat software agar para pengguna software tersebut memberikan sedikit sumbangan kepada pembuat software. Hal tersebut untuk menjamin tetap dikembangkannya software tersebut.
  5. 5.       Shareware, adalah semacam crippleware, namun bukan fungsinya yang dibatasi, tapi waktu penggunaannya yang dibatasi. Istilah lainnya adalah software dengan trial time. Semua fungsi bisa dipergunakan secara keseluruhan, namun setelah beberapa waktu, software tersebut tidak dapat digunakan. Untuk dapat menggunakannya kembali, pengguna software diminta untuk membayar sejumlah uang.


Masih banyak lisensi lain yang meramaikan jagat software yang akan disajikan ditulisan selanjutnya.
Free Open Source Software dan Jenis Lain Lisensi Software 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, June 4, 2013 Selain Free Open Source Software (FOSS), ada banyak sekali lisensi lain. Beberapa yang cukup terkenal antara lain : 1.        Propr...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....