Berpikir “Object Oriented”

 on Tuesday, June 25, 2013  

Berpikir Object Oriented atau Berpikir Berorientasi Obyek berarti kita selalu melihat “sesuatu persoalan yang harus dipecahkan menggunakan program komputer” sebagai sebuah obyek. Cara pemecahannyapun akan menggunakan pendekatan obyek. Pendekatan secara obyek adalah cara pandang bahwa solusi masalah itu ada 2 jenis yaitu data dan metode. 


Penggabungan dua jenis tersebut akan sangat berpengaruh dalam pemecahan persoalan.
Dalam pemrograman klasik, data dan metode dipisahkan, sehingga banyak data yang bersifat variabel global. Sedangkan pada pendekatan obyek, data dan metode dijadikan satu. Variabel global bisa dihilangkan pada pendekatan obyek, atau minimal bisa kurangi secara signifikan.

Teknologi yang berorientasi obyek memandang perangkat lunak adalah sebuah sistem dimanan bagian-bagian didalamnya saling bekerja sama dan berinteraksi dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Secara keseluruhan sistem tersebut dipandang sebagai obyek. Tetapi, setiap bagian dalam sistem juga dipandang sebagai obyek. “Everything is Object”.


Dalam OOP (Object Oriented Programming) dikenal adanya 3 pilar utama, yaitu : Encapsulation (peng-kapsul-an) , Inheritance (pewarisan) dan Polymorph (keberagaman/banyak bentuk). Kalau tiga pilar ini sudah dipahami dengan benar, maka konsep OOP sudah pasti mudah dikuasai sepenuhnya.
Berpikir “Object Oriented” 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, June 25, 2013 Berpikir Object Oriented atau Berpikir Berorientasi Obyek berarti kita selalu melihat “sesuatu persoalan yang harus dipecahkan menggunakan p...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....