Sistem Operasi : Manajemen Input Output #1

 on Tuesday, May 22, 2018  


Seperti yang sudah kita ketahui atau kita pahami bersama, bahwa salah satu fungsi dari sebuah Sistem Operasi adalah mengatur atau melakukan manajemen perangkat Input Output yang ada pada sebuah Sistem Komputer.
Fungsi Manajemen Input Output yang diserahkan pada sebuah sistem operasi untuk diatur adalah :
  1. Mengirimkan perintah ke perangkat masukan atau keluaran agar perangkat tersebut memberikan layanan yang diminta dari perangkat tersangkutan.
  2. Menangani interupsi perangkat masukan atau keluaran.
  3. Menangani kesalahan pada perangkat masukan atau keluaran.
  4. Menyediakan interface ke pemakai.
Berdasarkan sifat aliran data yang mengalir ke perangkat masukan atau keluaran, bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perangkat berorientasi blok (Blok Oriented Device), yang menyimpan dan menukarkan (mengirim/menerima) informasi sebagai blok-blok berukuran tetap. Contoh : Disk, Tape, CDROM, Optical Disk, dll. Sedangak jenis yang lain adalah perangkat berorientasi aliran karakter (Character Stream Oriented Device, yang mengantarkan atau menerima aliran karakter tanpa peduli bentuk struktur bloknya. Contoh : Mouse, Line Printer, Dump Terminal, Pita kertas, Kartu Plong, dll.

Berdasarkan sasaran komunikasi, perangkat masukan atau keluaran bisa dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu : perangkat masukan atau keluaran yang terbaca manusia (Human Readable Device), yaitu perangkat yang cocok untuk berkomunikasi dengan manusia / user, contoh : Monitor, Keyboard, dan Mouse. Jenis kedua adalah perangkat masukan atau keluaran yang terbaca oleh mesin (Machine Readable Device), yaitu perangkat yang cocok untuk berkomunikasi dengan perangkat elektronik, seperti Disk, Tape, Sensor, dan Controller. Jenis perangkat masukan atau keluaran terakhir adalah perangkat masukan atau keluaran yang digunakan khusus untuk berkomunikasi , misalnya modem, dll.

Prinsip Manajemen perangkat masukan atau keluaran mempunyai dua sasaran perancangan yaitu Efisiensi dan generalitas. Efisiensi merupakan aspek penting karena operasi input/ output sering merupakan operasi yang menimbulan bottleneck pada sistem operasi. Generalitas maksudnya adalah manajemen perangkat masukan atau keluaran selain berkaitan dengan simplisitas dan kebebasan kesalahan, juga menangani perangkat seara seragam baik dari cara proses mamandang maupun cara sistem operasi mengelola perangkat dan operasi input output.

Lanjut pada next posting.........

Sistem Operasi : Manajemen Input Output #1 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, May 22, 2018 Artikel Indo, Digital, Komputer Umum, Operating System, Sistem Operasi, Materi Kuliah, IT, Seperti yang sudah kita ketahui atau kita pahami bersama, bahwa salah satu fungsi dari sebuah Sistem Operasi adalah mengatur atau melak...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....