Cara Mudah Melindungi Flashdisk USB Drive dengan Password

 on Tuesday, January 9, 2018  



Segalanya telah berubah, dan perubahan lebih cepat setiap hari. Sepuluh tahu yang lalu orang mempunyai flashdisk adalah hal yang woooww. Hanya orang dengan profesi tertentu atau dengan pendapatan tertentu yang punya perangkat mungil penyimpan data ini. Perangkat penyimpanan portabel ini menjadi sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari, begitu banyak sehingga Anda mungkin memiliki beberapa Flashdisk USB.

Pada gilirannya, perlu kita sadari bahwa penggunaan drive USB ini telah menyebabkan data kita tersedia dengan mudah untuk diakses siapapun. Lagi pula, pasti terpikirkan bahwa jika Anda kehilangan perangkat penyimpanan USB Anda ini, siapa pun dapat mengakses apa yang Anda miliki di dalamnya? Bagaimana jika Anda memiliki info bank? Atau Anda menyimpan info tentang proyek yang belum dipublikasikan?

Kemungkinannya tidak terbatas, jadi akan dipaparkan oleh penulis, sedikit trik yang mungkin tidak Anda ketahui: cara menambahkan kata sandi / password ke drive USB Anda sehingga tidak ada yang bisa mengakses info yang Anda dapatkan di dalamnya.

Gratis / Free
Inilah daya tarik yang cukup kuat, mudah digunakan siapa saja dan gratis. . Anda tidak menjadi seorang ahli komputer atau membeli perangkat lunak tambahan yang biasanya cukup mahal. Anda dapat menambahkan kata sandi ke perangkat Anda dengan sepenuhnya gratis, tinggal download saja. Dan, langkah-langkah untuk melakukan proteksi Flashdisk USB ini sangat mudah dan hanya butuh beberapa menit.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload BitLocker. Ini umumnya telah terinstal pada semua sistem operasi Windows, namun jika PC Anda tidak memilikinya, cukup masuk ke website Microsoft resmi ini dan download versi yang sesuai untuk Anda (32 atau 64 bit).

Setelah Anda melakukan ini, Anda harus memasukkan drive yang diinginkan ke port USB komputer Anda, namun tanpa membuka dokumen apa pun. Tutup jendela pop-up dan masuk ke PC (tergantung versi Windows yang Anda miliki, namanya mungkin berbeda). Sesampai di sini, Anda akan melihat hard drive Anda, serta perangkat penyimpanan eksternal yang terhubung. Pada USB drive yang ingin Anda proteksi, klik kanan dan pilih “Turn on BitLocker”.

Windows akan membutuhkan sedikit waktu untuk menganalisa USB anda, jadi jangan khawatir. Setelah selesai, sistem operasi Anda akan memberi Anda dua pilihan: ”Memerlukan PIN di setiap startup” dan “Memerlukan kunci Startup di setiap startup”. Apakah kedua hal ini sama? Mirip. Namun, disarankan Anda memilih pilihan pertama, yang paling umum. Masukkan kata kunci yang paling anda sukai (tip: mainkan dengan huruf besar, huruf kecil dan angka untuk keamanan yang lebih ketat) dan klik “continue”.

Layar yang muncul berikut mungkin membuat Anda takut. Jangan khawatir, sistem hanya menanyakan bagaimana Anda ingin menyimpan kunci pemulihan, pilih ke file atau dengan mencetaknya. Dengan mengingat kenyamanan digital, sebaiknya klik opsi pertama: Simpan kunci pemulihan ke file.

Pesan berikut yang muncul mungkin berbeda pada beberapa versi, ini hanya menunjukkan tombol “Start encryption”, yang merupakan nama yang menunjukkan proses ini; Versi lain memungkinkan Anda memilih antara dua pilihan enkripsi: satu yang cepat dan yang lainnya lebih lambat (pilihan kedua tidak hanya mengenkripsi data yang terlihat, tapi juga segala sesuatu yang telah dihapus dari USB dan masih dapat dipulihkan.) Jika versi terbaru ini muncul , pilih mode yang paling anda sukai, klik pada jendela “Compatible mode” dan tunggu beberapa menit sampai proses selesai.

Mudah kan? Jika Anda melepaskan drive dan memasukkannya kembali ke komputer Anda, perangkat akan meminta kata sandi untuk mengaksesnya. Masukkan itu dan mulai sekarang, data Anda akan lebih terlindungi.

Cara Mudah Melindungi Flashdisk USB Drive dengan Password 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, January 9, 2018 Artikel Indo, Data, Digital, Enkripsi, Hardware, Keamanan, Komputer Umum, Linux, Operating System, Windows, USB, Drive, Password, BitLocker Segalanya telah berubah, dan perubahan lebih cepat setiap hari. Sepuluh tahu yang lalu orang mempunyai flashdisk adalah hal yang wooo...


1 comment:

  1. Wah penting nih, kali aja ada yang iseng buka-buka flashdisk. Trus jaga-jaga juga barangkali flashdisk nya ilang.
    Makasih mas ilmunya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar ....