Bagaimana Mengenali Foto Palsu atau Hoax

 on Monday, January 8, 2018  


Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah foto yang ada di media sosial baik itu, instagram , facebook, twitter, path, whatsapp , dll itu palsu? Jawabannya pasti ya, karena saat ini,  dengan internet foto hoax dan palsu menyebar lebih cepat dari sebelumnya. Saat sesuatu terjadi, foto yang dimaksud diposkan dan ... voila! Ternyata foto itu tidak asli: entah itu sudah diubah sedikit atau diberi keterangan yang berbeda dari aslinya.

Efek yang ditimbulkan oleh foto hoaxini sungguh sangat mengerikan dan cukup dashyat. Ada satu foto yang memperlihatkan foto ratusan mayat korban bencana alam di sebuah wilayah yang diberi keterangan “korban bentrokan antar etnis” yang pada akhirnya memicu ratusan nyawa melayang karena ada etnis tertentu yang terprovokasi hal itu.... ngeri kan.
Berikut adalah tiga tip utama untuk menghadapi tantangan ini.

Gambar Google, alat terbaik yang tersedia
Percaya atau tidak, Google Images adalah alat terbaik yang harus kita kenali jika foto itu palsu atau tidak. Bagaimana? Nah, dengan menggunakan alat mereka untuk mengetahui tanggal publikasi foto tersebut.

Misalnya, bayangkan ada kebakaran hutan dan foto klasik yang disesalkan keluar dari lanskap yang terbakar. Siapa bilang foto itu bukan dari api sebelumnya? Untuk mengetahui, kita hanya perlu mendownload foto dan mengunggahnya ke Google Images. Saat mesin pencari mengembalikan hasil, kita bisa klik "Tools" dan "Date." Selesai. Jika hasil pencarian semua termasuk dalam periode saat terjadi kebakaran, foto itu asli. Nah, kalau ada hasil dari setahun yang lalu, saat terjadi kebakaran beberapa hari yang lalu, Anda sudah tahu itu palsu ...



Metadata
Semua foto dilengkapi dengan metadata. Begitu kita memotret dengan kamera digital atau ponsel kita, informasi terkait dengan snapshot untuk analisis nanti: jenis kamera, info teknis, tanggal, waktu dan daftar panjang fitur lainnya.

Untuk mengakses metadata gambar, Anda hanya perlu klik kanan padanya dan masuk ke "Properties" dan kemudian "Details." Masalahnya? Nah, jaringan sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter menghapus semua metadata saat snapshot tersebut sampai ke server mereka.

Untungnya, itu tidak selalu terjadi pada semua layanan, misalnya WhatsApp atau media mainstream. Bagi mereka, metadata masih tersedia untuk dilihat. Mengetahui hal ini dapat membantu Anda mengenali apakah foto itu palsu atau tidak.



Tingkatkan resolusi
Tip terakhir kami mungkin tampak sepele, karena mata manusia ikut bermain: perhatikan secara dekat piksel foto dengan meningkatkan resolusinya.

Jika Anda membuka snapshot menggunakan Photoshop dan Paint dan melihat beberapa piksel tidak sama dengan yang lainnya, Anda mungkin melihat foto yang dimodifikasi. Lagi pula, jika ada yang mengatakan "palsu," ini adalah kepadatan piksel yang banyak dimodifikasi.


Kami berharap panduan kecil ini telah membantu Anda dan Anda dapat menelusuri sedikit lebih mudah, karena Anda tidak akan tertipu oleh foto palsu.
Bagaimana Mengenali Foto Palsu atau Hoax 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Monday, January 8, 2018 Artikel Indo, Digital, Facebook, Keamanan, Teknologi, Virtual, Hoax, Foto Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah foto yang ada di media sosial baik itu, instagram , facebook, twitter, path, whatsapp , dll itu pal...


2 comments:

  1. Replies
    1. Hanya berbagi informasi yang sudah diketahui beberapa orang. Supaya lebih banyak yang tahu. Terima kasih :)

      Delete

Silakan berkomentar ....