Ubuntu Terus Pimpin di Cloud

 on Monday, July 24, 2017  


Apa sih Ubuntu? Dari website wikipedia diperoleh keterangan bahwa  Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Apa sih Cloud? Penjelasan dari website wikipedia , Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Amazon Elastic Compute Cloud baru saja merilis berita yang menyebutkan bahwa Ubuntu tetap jadi pemimpin di Cloud. Sistem Operasi yang berbasis linux ini merupakan sistem operasi atau platform yang paling banyak digunakan oleh para pemain Cloud.  Sebuah analisis baru yang dilakukan oleh Cloud Market di Amazon Elastic Compute Cloud menegaskan tren ini.

Menurut statistik, Ubuntu memiliki lebih dari 135.000 pengguna. Sedangkan sistem operasi kedua, jauh di belakang Ubuntu, adalah Amazon Linux Amazon Machine Gambar (AMI). Windows menempati posisi ke 3 (tiga) dan disusul CentOS di posisi ke 4 (empat). Ditutup oleh Red Hat Enterprise Linux pada posisi kelima.

Untuk menempatkan ini dalam perspektif, dari laporan Cloud, Amazon Web Services (AWS) mendominasi Cloud Publik , dengan 57 persen dari pasar. Azure Infrastruktur-as-a-Service (IaaS) menduduki posisi kedua dengan 12 persen. Singkatnya, dengan mendominasi AWS, Ubuntu adalah sistem operasi Cloud berbasis Linux paling populer, tanpa diragukan lagi.

Selain itu, untuk AWS, Ubuntu telah tersedia pada HP Cloud, dan Microsoft Azure sejak 2013. Bahkan sekarang AWS telah tersedia di Google Cloud Platform, Fujitsu, dan Joyent. Mantap.

Canonical, perusahaan induk Ubuntu, juga menempatkan upaya besar di belakang OpenStack untuk Cloud. Memang, Canonical juga telah bekerja sama dengan Microsoft untuk membawa Windows Server untuk OpenStack dan dengan Oracle untuk membawa Oracle Linux ke Ubuntu untuk 
OpenStack.

Fakta bahwa Linux sehingga benar-benar mendominasi Cloud tidak mengherankan. Namun yang mengejutkan adalah kenyataan bahwa Ubuntu adalah di puncak “Linux-on-the-cloud”. Orang-orang masih melihat Ubuntu sebagai sebuah sistem operasi desktop. Ubuntu saat ini adalah sistem operasi cloud dominan.

Ubuntu Terus Pimpin di Cloud 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Monday, July 24, 2017 Artikel Indo, Komputer Umum, Linux, Open Source, Operating System, OS, PC, Review, Teknologi, Cloud, Ubuntu, Distro Apa sih Ubuntu? Dari website wikipedia diperoleh keterangan bahwa  Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....