Prediksi Dunia Linux di Akhir Tahun 2016

 on Monday, August 15, 2016  




Mengintip ke masa depan
Dunia Linux begitu banyak berubah pada awal tahun 2016 ini. Mungkin perubahan terbesar adalah di perusahaan perangkat lunak raksasa ,Microsoft, yang ternyata banyak bergeser dari musuh menjadi pencinta Linux. Awal tahun ini, muncul juga smartphone bertenaga Ubuntu Linux pertama. Tak mau kalah, Samsung meluncurkan smartwatch yang dibekali Tizen Linux. Pada dapur Linux sendiri, Linux dan open source terus menjadi lebih kuat dengan tumbuhnya berbagai teknologi seperti OpenStack, Docker, dan Cloud Foundry. Tahun 2016 ini telah menjadi tahun yang menarik untuk perkembangan Linux dan dunia Open Source.

Google Drive
Google adalah konsumen kelas berat Linux. Seperti telah kita ketahui bersama, Chrome OS dan Android adalah sistem operasi berbasis Linux. Seluruh infrastruktur berjalan pada Linux. Tetapi perusahaan tampaknya apatis tentang Linux desktop. Meskipun janji awal, perusahaan belum merilis klien Linux untuk Google Drive.
Mengembangkan klien Linux bukanlah tugas yang berat untuk kelas Google. Pemain yang jauh lebih kecil seperti ownCloud, Dropbox, dan Copy, antara lain, mampu menawarkan klien Linux. Jadi mengembangkan klien Linux bagi Google bukan masalah sulit tapi sepertinya, ini tentang Google yang tidak tertarik pada Linux desktop.

iTunes
Ketika Tim Cook mengambil alih Apple, ia mengatakan bahwa ia tidak akan keberatan membawa iTunes mendekat kepada Android. Itu adalah U-turn untuk Apple, yang, di bawah Steve Jobs, telah mengobarkan perang di Android.
Beberapa waktu lalu, Apple menerbitkan  Apple Muzik beraroma Android, menempatkan pengguna Android setara dengan pengguna iOS ketika datang ke musik. Dan pangsa pasar Android terus tumbuh.Disini bisa dilihat bahwa Apple akan membuat lebih banyak aplikasi untuk Android, termasuk iTunes dan Apple Film.

Microsoft
Microsoft mulai semakin akrab dengan Linux pada akhir – akhir ini. Di Cloud, Microsoft perlu Linux untuk bertahan hidup. Mocrosoft terus menjaga hubungan baik dengan Red Hat dan Canonical. Tetapi dalam didunia luar masih terus terdengar perseteruan yang sengit dua kekuatan besar di dunia maya ini.
Ada kemungkinan , tahun 2016 ini Microsoft akan mengakuisisi beberapa distributor / pengembang Linux sehingga dapat menawarkan distribusi Linux sendiri untuk klien perusahaan. Sudah ada beberapa target yang akan menjadi sasaran pertama di tahun ini.

Telepon Ubuntu

Smartphone Ubuntu pertama sampaidi pasaran / sampai ditangan konsumen pada tahun 2015, walau belum dipasar Indonesia. Tapi sampai dengan Agustus 2016 ini,  belum terlihat kemajuan di pasar - meskipun ketersediaan ponsel Android repurposed. Pasar untuk ponsel Linux pada umumnya terlihat suram pada tahun 2016, Mozilla telah membunuh OS Firefox dan Jolla juga menghadapi kesulitan. Ada kemungkinan Canonical akan mengerem rencana mengembangkan Telepon Berbasis Ubuntu ini dan menjaga desktop sebagai proyek utama dan meningkatkan fokus pada ruang korporat.
Prediksi Dunia Linux di Akhir Tahun 2016 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Monday, August 15, 2016 Android, Artikel Indo, Linux, Microsoft, Open Source, tablet Android, Google Drive, iTunes, Telepon, Ubuntu, Mengintip ke masa depan Dunia Linux begitu banyak berubah pada awal tahun 2016 ini. Mungkin perubahan terbesar adalah di perusaha...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....