Pengantar Thread Dalam Java

 on Friday, March 18, 2016  

Artikel ini  menjelaskan bagaimana Thread diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java, dimulai dengan gambaran umum dari Thread.

Sederhananya, Thread adalah path program eksekusi. Kebanyakan program yang ditulis saat ini dijalankan sebagai thread tunggal. Hal ini menyebabkan masalah ketika beberapa peristiwa atau tindakan perlu terjadi pada saat yang sama. 

Katakanlah, misalnya, sebuah program tidak mampu melaksanakan tugas saat menggambar ke layar monitor dan  membaca penekanan tombol secara serentak atau bersamaan. 
Program ini harus memberikan perhatian penuh terhadap input keyboard kurang kemampuan untuk menangani lebih dari satu aktivitas sekaligus. Solusi ideal untuk masalah ini adalah eksekusi mulus dari dua atau lebih bagian dari sebuah program pada saat yang sama. Threads memungkinkan kita untuk melakukan hal ini. Artinya dengan menggunakan thread ini, kita diberi fasilitas untuk menjalankan dua tugas sekaligus, misalnya membaca penekanan tombol keyboard bersamaan (dalam waktu yang sama persis) dengan membaca inputan dari scanner.

Aplikasi yang menggunakan multithreaded memberikan kekuatan ampuh mereka dengan menjalankan banyak Thread bersamaan dalam satu program, tidak hanya dua, tapi bisa banyak. Dari sudut pandang logis, multithreading berarti beberapa baris dari satu program dapat dijalankan pada saat yang sama. Bukan berarti /  tidak sama dengan menjalankan aplikasi secara cepat dari  dua atau lebih aplikasi secara sekuensial. Ini benar benar menjalankan banyak baris program secara bersama dalam waktu yang sama persisi. Dalam hal ini, sistem operasi memperlakukan program sebagai dua proses yang terpisah dan berbeda. 

Di Unix, forking proses menciptakan proses anak dengan ruang alamat yang berbeda untuk kedua kode dan data. Namun, fork () menciptakan banyak overhead untuk sistem operasi, sehingga operasi CPU sangat intensif. Dengan memulai thread sebaliknya, jalan yang efisien eksekusi dibuat saat masih berbagi daerah data asli dari proses orangtua / proses pemanggil. Gagasan untuk berbagi daerah data memang sangat bermanfaat, tetapi membawa beberapa hal yang harus menjadi perhatian yang akan kita bahas nanti.

Contoh pembuatan Threads dalam Java :

import java.lang.*;
public class Counter extends Thread
{                     
        public void run()                      
        {             
        ....           
        }

}
Pengantar Thread Dalam Java 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Friday, March 18, 2016 Artikel Indo, Java, NetBeans, Open Source, Pemrograman, Pengantar, Thread, Threads Artikel ini  menjelaskan bagaimana Thread diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java, dimulai dengan gambaran umum dari Thread. ...


2 comments:

Silakan berkomentar ....