System Administrator atau Administrator Sistem

 on Thursday, January 7, 2016  

Administrator Sistem (AS) merupakan seseorang atau personal yang bertanggung jawab untuk pengadaan, instalasi / konfigurasi, operasi, dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak sistem dan infrastruktur yang efektif. Individu ini berpartisipasi dalam penelitian teknis dan pengembangan untuk memungkinkan munculnya inovasi yang berkelanjutan dalam perangkat lunak, perangkat keras, ataupun infrastruktur sistem informasi. Sistem informasi yang dimaksud disini adalah sistem informasi yang di dukung perangkat komputer atau sering diistilahkan Computerized Information System.  Individu ini memastikan bahwa sistem perangkat keras, sistem operasi, sistem perangkat lunak, dan prosedur terkait tetap mematuhi nilai-nilai organisasi.



Individu tersebut diatas akan membantu menyelesaikan masalah teknis pada tahap inisiasi dan perencanaan pembangunan atau pengembangan sistem informasi. Kegiatan ini meliputi definisi kebutuhan, manfaat, dan strategi teknis; penelitian dan pengembangan dalam proyek siklus hidup; analisis dan desain teknis; dan dukungan dari staf operasi dalam melaksanakan sistem informasi, pengujian dan rolling-out solusi. 

Administrator Sistem bertanggung jawab untuk sistem berikut: sistem Linux dan Windows yang mendukung infrastruktur GIS; Linux, Windows dan sistem aplikasi yang mendukung Asset Management; Tanggung jawab atas sistem ini meliputi teknik dan provisioning, operasi dan dukungan, pemeliharaan dan penelitian dan pengembangan untuk memastikan inovasi terus-menerus.

Teknik Administrator Sistem dan Provisioning
  1. Teknik solusi Administrator Sistem terkait berbagai proyek dan kebutuhan operasional.
  2. Instal baru / membangun kembali server yang ada dan mengkonfigurasi hardware, peripheral, layanan, pengaturan, direktori, penyimpanan, dll sesuai dengan standar dan proyek / persyaratan operasional.
  3. Menginstal dan mengkonfigurasi sistem seperti mendukung aplikasi infrastruktur GIS atau aplikasi Asset Management.
  4. Mengembangkan dan memelihara prosedur instalasi dan konfigurasi.
  5. Berkontribusi dan mempertahankan standar sistem.
  6. Penelitian dan merekomendasikan inovatif. Mengidentifikasi pendekatan yang memanfaatkan sumber daya dan memberikan skala ekonomi.


Operasi dan Dukungan
  1. Melakukan monitoring sistem harian, memverifikasi integritas dan ketersediaan dari semua perangkat keras, sumber daya server, sistem dan proses kunci, meninjau sistem dan aplikasi log, dan memverifikasi penyelesaian pekerjaan yang dijadwalkan seperti backup dll.
  2. Melakukan pemantauan keamanan rutin untuk mengidentifikasi gangguan yang mungkin terjadi.
  3. Melakukan operasi backup harian, memastikan semua sistem file yang dibutuhkan dan data didukung dengan media yang sesuai.
  4. Menyimpan berkas arsip secara teratur dan membersihkan arsip yang tidak diperlukan.
  5. Membuat, mengubah, dan menghapus akun pengguna per permintaan.
  6. Memberikan Tier III / pendukung lainnya sesuai permintaan dari berbagai konstituen. Menyelidiki dan memecahkan masalah.
  7. Perbaikan dan memulihkan perangkat keras atau perangkat lunak dari kegagalan. Berkoordinasi dan berkomunikasi dengan konstituen yang terkena dampak.

Pemeliharaan
  1. Menerapkan patch OS dan upgrade secara teratur, dan upgrade perangkat administrasi dan utilitas. Mengkonfigurasi / menambahkan layanan baru yang diperlukan.
  2. Peningkatan sistem configure software yang mendukung aplikasi infrastruktur GIS atau aplikasi Asset Management per proyek atau kebutuhan operasional.
  3. Menjaga operasional, konfigurasi, atau prosedur lainnya.
  4. Lakukan pelaporan kinerja berkala untuk mendukung perencanaan kapasitas.
  5. Lakukan penyetelan terhadap sistem yang sedang berlangsung , upgrade hardware, dan optimalisasi sumber daya yang diperlukan. Mengkonfigurasi CPU, memori, dan partisi disk yang diperlukan.
  6. Menjaga dan pemantauan data center termasuk peralatannya 


System Administrator atau Administrator Sistem 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, January 7, 2016 System, Administrator, Sistem, Tugas, Definisi Administrator Sistem (AS) merupakan seseorang atau personal yang bertanggung jawab untuk pengadaan, instalasi / konfigurasi, operasi, dan ...


4 comments:

  1. Luar Biasa Artikelnya Pak...Kalau Boleh Tau Bapak Dosen Dibidang IT Ya ? Bermanfaat Sekali Ilmunya Pak. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang saya ngajar dibidang IT. Sama sama. Senang sekali jika artikel ini bisa membantu.

      Delete
  2. Bedanya System Administrator sama System Analyst apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yang saya tahu, System Adminitrator itu orang yang menjalankan sebuah system. Sedangkan System Analist, itu menganalisa sebuah system mulai dari pembuatan, saat jalan dan saat pengembangan

      Delete

Silakan berkomentar ....