Contoh Skrip Code Koneksi Java ke Database Ms Access

 on Wednesday, May 27, 2015  


Ada banyak pilihan database yang bisa kita pasangkan dengan bahasa pemrograman Java. Salah satu yang cukup populer adalah database Microsoft Access. Database proprietary produk Microsoft ini bisa digunakan asal legal. Artinya, walau Java bersifat Open Sorce namun Access tidak. Harus beli untuk menggunakannya.
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
Berikut ini ada contoh skrip koneksi database yang bisa diguakan untuk mengambil data dari Microsoft Access.

dataaccess.java


// Contoh penggunaan driver Access di Bahasa Java


Import java.sql.*;public class Dataaccess{public static void main(String[] args){try{Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);System.out.println(“Driver berhasil ditemukan”);try {String url = “jdbc:odbc:Database”;String user  = “”;String password = “”;Connection koneksi = DriverManager.getConnection(url, user, password);System.out.println(“Koneksi berhasil dibuat”);String sql = “SELECT * FROM tabelku”;Statement stat = koneksi.createStatement();ResultSet set = stat.executeQuery(sql);while(set.next()) {String NoKTP = set.getstring(“NoKTP”);System.out.println(NoKTP);String Nama = set.getstring(“Nama”);System.out.println(Nama);String Alamat = set.getstring(“Alamat”);System.out.println(Alamat);String Kota= set.getstring(“Kota”);System.out.println(Kota);}System.out.println(“Query Sukses”);}catch  (exception e){System.out.println(“Query Gagal ”);}} catch (SQLException ex) {System.out.prontln(“Koneksi gagal ?”);System.out.println(“SQLException:  ” + ex.getMessage());}}catch(Exception se){System.out.prontln(“Driver Access JDBC tidak ditemukan : ” + se);}}} 


Kode skrip ini sangat sederhana dan dasar, digunakan untuk mempelajari bagaimana kita bisa meng-koneksikan sebuah database Access  dengan menggunakan Bahasa Java. 
Contoh Skrip Code Koneksi Java ke Database Ms Access 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, May 27, 2015 Ada banyak pilihan database yang bisa kita pasangkan dengan bahasa pemrograman Java. Salah satu yang cukup populer adalah database Micros...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....