Kopi : Cappuccino

 on Friday, February 22, 2013  


Sudah kenal dengan Cappucino? Melihat dari katanya saja kita sudah bias menebak bahwa jenis / varian kopi ini bukan asli Indonesia. Varian kopi ini “diciptakan" di belahan bumi Eropa. Lebih tepatnya di Italia. Disana varian kopi ini dinikmati pada pagi hari, namun di beberapa Negara eropa lainnya, cappuccino diminum kapan saja, bias pagi, siang, sore maupun malam hari.

Sampai dengan tahun 1990an, kopi jenis ini hanya popular di eropa sendiri, namun setelah tahun itu, sebuah “Warung Kopi Internasional” ( Starbucks )” membawa “demam cappuccino” ini ke Amerika dan seluruh dunia.

Cappucino sendiri sebenarnya merupakan campuran dari kopi espresso dan susu. Produk susu yang dicampurkan disini ada dua macam, yaitu susu cair dan susu dalam bentuk busa. Susu dalam bentuk busa ini dihasilkan dengan cara memasukkan udara kedalam susu. Udara yang dimasukkan ini akam membentuk busa yang sangat halus dan lembut rasanya.

Ketiga bahan tersebut diatas dicampurkan dengan takaran yang sama persis. Artinya, jika kita akan membuat 1 cangkir cappuccino, maka dibutuhkan 1/3 cangkir espresso, 1/3 cangkir susu cair, dan 1/3 cangkir busa susu. 

Penyajian yang disarankan adalah menggunakan cangkir keramik, karena cangkir keramik lebih “mampu” menyimpan panas dari pada gelas. Saat ini teknik penyajian cappuccino ini sangat berkembang. Penyajian di resto dan cafĂ© sangat menarik, karena ada gambar gambar lucu disana. Coba cari di internet, pasti tertarik. 

Bahan apa apa saja yang dibutuhkan untuk membuat cappuccino ? Gak susak kok, ini bahannya :
1. Kopi instant (Kalau bisa yang Janis Arabica)  1 sendok teh
2. Susu cair 1/3 cangkir
3. Whipping Cream 50 ml
4. Bubuk Coklat ½ sendok makan
5. Gula pasir sesuai selera

Cara membuat / menyajikan :
1. Masukkan susu cair, kopi instant, dan gula pasir ke dalam cangkir keramik.
2. Masukkan air panas ke cangkir sampai 2/3 cangkir. Aduk sampai tercampur sempurna.
3. Kocok whipping cream dan semprotkan diatas campuran tadi.
4. Taburkan coklat bubuk keatas whipping cream.
5. Sajikan.

Kalau Anda inginkan, Anda bisa berkreasi gambar diatas whipping cream tersebut. Kreatifitas Andalah yang akan menjadikan sajian cappuccino ini semakin mantap.

Jangan lupa coba, dan ceritakan rasanya di blog ini. Salam pecinta kopi !!
Kopi : Cappuccino 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Friday, February 22, 2013 Sudah kenal dengan Cappucino? Melihat dari katanya saja kita sudah bias menebak bahwa jenis / varian kopi ini bukan asli Indonesia. Varian...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....