Internet Marketing : Siapa dan Apa yang dilakukan

 on Wednesday, February 13, 2013  


Apa sih Internet Marketing itu? Marketing berasal dari kata market, yang arti kamusnya adalah pasar. Seperti kita ketahui pasar merupakan tempat berjual beli. Disana ada keperluan pemenuhan kebutuhan para pembeli dan keperluan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, internet marketing itu bisa dikatakan sebuah proses usaha jual beli yang dengan memanfaatkan media internet.

Bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya internet marketing merupakan proses jual beli atau pemasaran suatu produk yang dilakukan di media internet atau jagad maya. Jaringan komputer global (internet) dimanfaatkan secara maksimal oleh pembeli agar dapat memperoleh barang/jasa dengan lebih mudah dan murah. Demikian juga pihak pembeli, akan memanfaatkan cyber world ini untuk bisa lebih banyak menjual barang/jasa dan lebih ‘melayani’ pembeli dengan layanan purna jual yang maksimal. Tujuan akhirnya adalah pendapatkan laba maksimal dari sisi penjual dan mendapatkan barang/jasa yang baik dan bermanfaat dari sisi pembeli.

Siapa saja yang terlibat dalam Internet Marketing? Ada tiga komponen yang terlibat dalam Internet dalam dunia Internet Marketing, yaitu Vendor, Market,dan Affiliate. 

Vendor merupakan pihak yang memiliki atau membuat barang/jasa untuk ditawarkan dan dijual melalui internet. Market adalah komponen yang mengusahakan agar calon penjual dan calon pembeli bisa berada dalam satu wadah untuk segera melakukan transaksi jual beli. Market ini menyediakan ‘pasar virtual’ yang bisa berbentuk website, blog, atau forum. Sedangkan Affiliate merupakan komponen yang membantu Market untuk mengumpulkan banyak pembeli untuk menuju Market dan membeli barang/jasa milik Vendor. 

Apa yang dilakukan orang pada Internet Marketing? Yang dilakukan pada internet marketing adalah mencari pembeli dengan cara membuat tulisan/gambar promosi yang menarik, informative dan beretika. Kegiatannya sendiri bisa berupa penulisan iklan teks, pembuatan banner teks, create banner gambar, pembuatan website promosi, promosi melalui searching engine, pengiriman e-mail dan bentuk bentuk iklan lainnya yang sesuai untuk disebarkan via internet.

Internet Marketing : Siapa dan Apa yang dilakukan 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, February 13, 2013 Apa sih Internet Marketing itu? Marketing berasal dari kata market, yang arti kamusnya adalah pasar. Seperti kita ketahui pasar merupakan ...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....