Sistem Berbasis Komputer yang Handal

 on Monday, August 5, 2019  



Sering kita dihadapkan pada sebuah pertanyaan klasik, apa sih yang dimaksud dengan Sistem Berbasis Komputer yang Handal” ?

Kita coba lihat dari sisi bahasa dengan melihat kamus Bahasa Indonesia. Dalam kamus, sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. 

Ada unsur komponen yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak hanya satu komponen saja.

Komputer, dalam kamus yang sama, diartikan sebagai alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan. Sebuah alat elektronik yang dapat diberi input, dapat memproses dan memberi output secara otomatis.

Sedangkan handal sendiri diterjemahkan sebagai dapat dipercaya atau  memberikan hasil yang sama pada ujian atau percobaan yang berulang. Kata handal sendiri sebenarnya diambil dari kata reliability dalam bahasa Inggris dan berasal dari kata reliable yang artinya dapat dipercaya,keajegan, konsisten, keandalan, kestabilan. Diartikan oleh penulis bahwa handal berarti konsisten dan stabil, memberikan hasil yang sama saat pengujian ataupun saat digunakan dilapangan.

Jadi secara bebas, Sistem Berbasis Komputer yang Handal diartikan sebagai beberapa alat elektronik otomatis yang saling bekerjasama untuk tujuan tertentu yang konsisten dan stabil, memberikan hasil yang sama saat pengujian ataupun saat digunakan dilapangan dan hasil yang dihasilkan sesuai dengan tujuan dibuatnya sistem tersebut.

Keandalan adalah atribut dari setiap komponen yang terkait dengan komputer (perangkat lunak, atau perangkat keras, atau jaringan, misalnya) yang secara konsisten berkinerja sesuai dengan spesifikasinya. Sudah lama dianggap sebagai salah satu dari tiga atribut terkait yang harus dipertimbangkan ketika membuat, membeli, atau menggunakan produk atau komponen komputer.

Keandalan, ketersediaan, dan kemudahan perbaikan dan pengembangan dianggap sebagai aspek penting untuk desain ke dalam sistem apa pun. Secara teori, produk yang dapat diandalkan benar-benar bebas dari kesalahan teknis; dalam praktiknya, bagaimanapun, vendor sering mengungkapkan hasil bagi reliabilitas produk sebagai persentase. Produk evolusi (produk yang telah berevolusi melalui berbagai versi selama periode waktu yang signifikan) biasanya dianggap semakin dapat diandalkan, karena diasumsikan bahwa bug telah dihilangkan dalam rilis sebelumnya. Sebagai contoh, IBM z / OS (sistem operasi untuk seri server S / 390 mereka), memiliki reputasi untuk keandalan karena berevolusi dari garis panjang versi sistem operasi MVS dan OS / 390 sebelumnya.

Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mensponsori sebuah organisasi yang mengabdikan diri pada keandalan di bidang teknik, IEEE Reliability Society (IEEE RS). Reliabilitas Masyarakat mempromosikan penerimaan industri secara luas akan suatu pendekatan sistematis untuk desain yang akan membantu memastikan produk yang andal. Untuk itu, mereka mempromosikan keandalan tidak hanya di bidang teknik, tetapi juga dalam pemeliharaan dan analisis.

Masyarakat mendorong upaya kolaboratif dan berbagi informasi di antara para anggotanya, yang mencakup organisasi dan individu yang terlibat dalam semua bidang teknik, termasuk aerospace, sistem transportasi, elektronik medis, komputer, dan komunikasi. diandalkan, karena diasumsikan bahwa bug telah dihilangkan dalam rilis sebelumnya. Sebagai contoh, IBM z / OS (sistem operasi untuk seri server S / 390 mereka), memiliki reputasi untuk keandalan karena berevolusi dari garis panjang versi sistem operasi MVS dan OS / 390 sebelumnya.

Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mensponsori sebuah organisasi yang mengabdikan diri pada keandalan di bidang teknik, IEEE Reliability Society (IEEE RS). Reliabilitas Masyarakat mempromosikan penerimaan industri secara luas akan suatu pendekatan sistematis untuk desain yang akan membantu memastikan produk yang andal.

Untuk itu, mereka mempromosikan keandalan tidak hanya di bidang teknik, tetapi juga dalam pemeliharaan dan analisis. Masyarakat mendorong upaya kolaboratif dan berbagi informasi di antara para anggotanya, yang mencakup organisasi dan individu yang terlibat dalam semua bidang teknik, termasuk aerospace, sistem transportasi, elektronik medis, komputer, dan komunikasi.

Sumber / Referensi : Kamus Bahasa Indonesia dan beberapa bacaan (buku dan laman web) yang diakses penulis rentang waktu 2010 -2019.
Sistem Berbasis Komputer yang Handal 4.5 5 Darto Iwan Monday, August 5, 2019 Umum, Sistem, Materi Kuliah, Komputer Umum, Digital, Artikel Bahasa Indonesia, Artikel Indo, Komputer, Handal, Sering kita dihadapkan pada sebuah pertanyaan klasik, apa sih yang dimaksud dengan “ Sistem Berbasis Komputer yang Handal” ? Kit...


2 comments:

Silakan berkomentar ....