5 Ancaman Cyber Security di Akhir 2018 bagian 1

 on Thursday, October 4, 2018  



Kita pasti masih ingat beberapa  ancaman terbesar dalam sejarah dunia maya baru baru ini, mulai dengan jutaan konsumen dan ribuan bisnis terserang WannaCry hingga pelanggaran data Equifax dan Uber.  Gartner melaporkan bahwa di seluruh dunia, pengeluaran keamanan informasi akan mencapai $ 86,4 miliar pada akhir tahun 2017. Dan akan terus meningkat hingga $ 6 triliun per tahun pada tahun 2021.

Jadi, bagaimana kita dapat melindungi diri dari menjadi korban serangan keamanan dunia maya di masa depan. Sebagai salah satu bekal menghadapi permasalahan di dunia maya yang makin mengerikan, berikut lima prediksi yang menyoroti ancaman baru yang harus diperhatikan di akhir tahun 2018.

1. Cryptojacking akan menjadi prioritas utama bagi penjahat cyber
Kegiatan Cryptojacking mulai meledak menjelang akhir tahun 2017 dan diduga akan ada lebih banyak kegiatan Cryptojacking  pada tahun 2018, khususnya ketika nilai cryptocurrency meningkat. 

Apa yang membuat kegiatan semacam ini menarik adalah terciptanya garis buram antara pengguna internet sehari-hari (user biasa) dan cybercriminal. Sebuah cryptocurrency pertambangan individu bisa menambang untuk dompet mereka sendiri, berdasarkan pengunjung ke properti web mereka sendiri. 

Ada juga kemungkinan yang mengungkapkan aktivitas cryptojacking dimana ada aktifitas untuk menggantikan iklan di situs agar menjadi aliran pendapatan milik pelaku. Namun, bagian terbesar dari cryptojacking mungkin terjadi dari situs web sah yang dikompromikan ke  dompet pelaku. Apapun yang terjadi, cryptojacking akan menjadi salah satu kegiatan cybercrime yang akan mundul dan eksis pada akhir tahun 2018.

2. Serangan berbasis PowerShell
Awal tahun 2018 ini, satu pihak tertentu dikompromikan menggunakan makro di Microsoft Word untuk menginfeksi komputer target dengan Trojan yang mencuri informasi. Alih alih mengambil muatan biner, serangan mengandalkan skrip berbahaya untuk menyusup pada perangkat dan untuk berkomunikasi dengan situs web yang disusupi yang bertindak sebagai proxy untuk server perintah dan kontrol. 

Serangan berbasis skrip jahat ini, khususnya serangan berbasis PowerShell, sangat sulit diidentifikasi. Mereka dapat dengan mudah menghindari mesin antivirus, membuatnya jauh lebih menarik bagi penjahat cyber. Diprediksi banyak lagi serangan PowerShell di akhir tahun 2018 dan di tahun tahun yang akan datang.

3. Cybercriminal underground akan terus berkembang dan tumbuh
Tahun 2017 dan awal tahun 2018 kita sudah kewalahan oleh jumlah serangan cyber yang terjadi setiap hari, namun serangan ini tidak akan melambat pada akhir tahun 2018. 

Bahkan, dengan peningkatan alat cybercriminal dan ambang batas pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan serangan, penjahat cyber dipastikan akan meningkat dengan lebih pesat. Pertumbuhan ini adalah respons yang mungkin terhadap media berita dan budaya pop yang mempublikasikan profitabilitas dan kesuksesan pelaku dan aktifitas cybercrime. 

Ransomware sendiri adalah industri senilai $ 1 miliar tahun lalu. Ada anggapan di beberapa kalangan bahwa bergabung dengan dunia cybercrime tidak lagi tabu, karena stigma dari kegiatan ini berkurang di satu belahan dunia. Bagi banyak orang, ini hanya sebuah bisnis yang "bagus" dan menghasilkan uang dalam jumlah besar. 

Pada saat yang sama, mereka yang sudah ditetapkan sebagai "pemain top" dalam cybercrime akan meningkatkan pertahanan agresif mereka terhadap wilayah kriminal mereka, area operasi, dan aliran pendapatan. Kita mungkin benar-benar mulai melihat bisnis cybercrime multinasional melakukan strategi merger dan akuisisi dan kekerasan dunia nyata untuk lebih mengamankan dan menumbuhkan pipeline pendapatan mereka.
5 Ancaman Cyber Security di Akhir 2018 bagian 1 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, October 4, 2018 Artikel Indo, Baru, Bitcoin, Cyber, Digital, e Gov, Forensik, Hacker, Internet, Keamanan, Sistem Operasi, Teknologi, Teknologi, Komunikasi, Virtual, Virus, CyberCrime, Cyber, Kejahatan, Kita pasti masih ingat beberapa  ancaman terbesar dalam sejarah dunia maya baru baru ini, mulai dengan jutaan konsumen dan ribuan bisni...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....