Layanan Elektronik atau e-service

 on Thursday, May 3, 2018  




Konsep e-service (kependekan dari layanan elektronik) merupakan salah satu aplikasi yang memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di berbagai bidang. Namun, memberikan definisi yang tepat dari e-service sulit didapat karena para peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan e-service. Terlepas dari definisi yang berbeda ini, dapat dikatakan bahwa mereka semua setuju tentang peran teknologi dalam memfasilitasi penyampaian layanan yang membuat mereka lebih dari layanan elektronik.

Tampaknya menarik untuk mengadopsi pendekatan Rowley (2006) yang mendefinisikan e-layanan sebagai: “... perbuatan, upaya atau pertunjukan yang pengirimannya dimediasi oleh teknologi informasi. E-service tersebut mencakup elemen layanan e-tailing, dukungan pelanggan, dan pengiriman layanan ”.

Definisi ini mencerminkan tiga komponen utama - penyedia layanan, penerima layanan, dan saluran penyampaian layanan (yaitu teknologi). Misalnya, karena peduli dengan e-layanan publik, lembaga publik adalah penyedia layanan dan warga negara serta bisnis adalah penerima layanan.

Saluran pengiriman layanan adalah persyaratan ketiga layanan elektronik. Internet adalah saluran utama pengiriman layanan elektronik sementara saluran klasik lainnya (misalnya telepon, call center, kios publik, telepon seluler, televisi) juga dipertimbangkan.

Sejak awal konseptual pada akhir 1980-an di Eropa dan pengenalan formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah AS, istilah 'E-Government' kini telah menjadi salah satu domain penelitian yang diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan sekarang telah dengan cepat mendapatkan kepentingan strategis dalam modernisasi sektor publik. E-service adalah salah satu cabang dari domain ini dan perhatiannya juga telah meningkat di kalangan praktisi dan peneliti.

E-service (atau e service) adalah istilah yang sangat umum, biasanya mengacu pada 'Ketentuan layanan melalui Internet (awalan' e 'berarti' elektronik ', seperti halnya dalam banyak penggunaan lain), sehingga e-Layanan mungkin juga termasuk e-Commerce, meskipun mungkin juga termasuk layanan non-komersial (online), yang biasanya disediakan oleh pemerintah. '(Irma Buntantan & G. David Garson, 2004: 169-170; Muhammad Rais & Nazariah, 2003: 59, 70-71).

'E-Service merupakan layanan online yang tersedia di Internet, di mana transaksi pembelian dan penjualan (pengadaan) yang valid dimungkinkan, dibandingkan dengan situs web tradisional, di mana hanya informasi deskriptif yang tersedia, dan tidak ada transaksi online yang dimungkinkan.' (Jeong, 2007).

Ada sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di antaranya adalah:
• Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
• Memperluas jangkauan pasar
• Menurunkan hambatan masuk ke pasar baru dan biaya untuk mendapatkan pelanggan baru
• Saluran komunikasi alternatif kepada pelanggan
• Meningkatkan layanan kepada pelanggan
• Meningkatkan citra perusahaan yang dirasakan
• Mendapatkan keunggulan kompetitif
• Meningkatkan transparansi
• Potensi untuk meningkatkan pengetahuan Pelanggan

Domain e-service
Istilah ‘e-service’ memiliki banyak aplikasi dan dapat ditemukan di banyak disiplin ilmu. Dua bidang aplikasi dominan dari layanan elektronik adalah
E-bisnis (atau e-commerce): layanan elektronik sebagian besar disediakan oleh bisnis atau [LSM | organisasi non-pemerintah] (LSM) (sektor swasta).

E-government: e-layanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warga negara atau bisnis (sektor publik adalah sisi penawaran). Penggunaan dan deskripsi e-service di halaman ini akan terbatas pada konteks e-government saja di mana e-service biasanya dikaitkan dengan awalan "publik": e-layanan publik. Dalam beberapa kasus, kami harus menjelaskan aspek-aspek yang terkait dengan kedua bidang seperti beberapa konferensi atau jurnal yang mencakup konsep "e-Service" di kedua domain e-government dan e-bisnis.  [Contoh: www.eserviceforyou.com]

Arsitektur
Tergantung pada jenis layanan, ada fungsi-fungsi tertentu yang diperlukan dalam lapisan tertentu kerangka arsitektur e-service, ini termasuk tetapi tidak terbatas pada - Lapisan data (sumber data), lapisan pengolahan (sistem layanan pelanggan, sistem manajemen, gudang data sistem, sistem konten pelanggan terintegrasi), lapisan pertukaran (Integrasi Aplikasi Perusahaan - EAI), lapisan interaksi (mengintegrasikan e-layanan), dan lapisan presentasi (antarmuka pelanggan yang dilalui halaman web dan layanan-e)).

((terjemahan bebas dari wikipedia))

Layanan Elektronik atau e-service 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, May 3, 2018 Artikel Indo, Data, Digital, Informasi, Internet, Open Source, Teknologi, Teknologi Komunikasi, Telekomunikasi, Umum, Layanan, Elektronik, Konsep e-service (kependekan dari layanan elektronik) merupakan salah satu aplikasi yang memanfaatkan penggunaan teknologi informasi...


4 comments:

  1. layanan elektronik (bahasa indonesia) sementara e-service (bahasa inggris) kalau saling diterjamahkan antar bahasa artinya akan sama

    ReplyDelete

Silakan berkomentar ....