Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

 on Tuesday, April 18, 2017  



Android studio merupakan software terbaru dan paling direkomendasikan bagi para developer android. Ada beberapa alasan yang membuat software ini begitu direkomendasikan. Selain pengembangnya adalah Google (official IDE for Android application development based on Intellij IDEA), android studio juga memiliki keunggulan lain yang patut diperhatikan oleh para developer pada saat menggunakan software pembuat aplikasi android terbaik ini. Berikut sedikit review mengenai Android Studio yang sudah kami rangkum.

Tampilan

Tampilan pada Android Studio sebenarnya hamper sama jika dibandingkan dengan kebanyakan software code editor lainnya. Secara visual Androis Studio dilengkapi dengan tampilan multiscreen yang memungkinkan para developer untuk menulis kode – kode tertentu pada satu sisi dan melihat hasil tampilannya pada sisi yang lain. Tampilan multiscreen ini sangat membantu para developer dalam mengembangkan sebuah aplikasi android yang lebih sempurna dan efisien tanpa harus keluar masuk dan memutar screen antara code editor dan previewnya. 

Keunggulan

Menurut pengembangnya,  Android Studio sudah dilengkapi dengan intelligent code editor yang memiliki kemampuan untuk mengolah dan menganalisa kode secara lengkap sehingga para  developer semakin produktif. Selain itu, Android Studio juga dilengkapi dengan code templates  dan github integration yang berfungsi untuk memudahkan para developer android dalam mengembangkan aplikasi yang mereka buat dari sampel – sampel kode yang  sudah disediakan atau mengimpornya sendiri dari github.

Keunggulan lainnya adalah Android Studio sudah dilengkapi dengan emulator yang mencakup keseluruhan devices, baik ukuran maupun bentuknya. Dengan keunggulan ini tentunya para  developer  jelas dimudahkan ketika ingin melihat hasil project yang dikerjakan dari berbagai  devices yang ada.

Android Studio juga sudah dilengkapi dengan Flexible Gradle – based build system. Flexible Gradle – based build system ini berfungsi untuk membuat banyak Apk untuk aplikasi android  dengan fitur yang berbeda menggunakan project code yang sama atau telah digunakan. Dengan fitur ini para developer akan lebih mudah ketika akan mengembangkan aplikasi yang mereka buat.

Kelemahan

Secara garis besar tidak banyak kelemahan yang bias ditemukan pada Software terbaru untuk membuat aplikasi android ini. Mungkin hanya ukuran file yang sangat besar, bahkan tanpa SDK tools saja aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 240 MB untuk windows.  

Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, April 18, 2017 Android, Artikel Indo, Java, Linux, Open Source, Pemrograman, Review, tablet Android, Teknologi, IDE, Studio, Apk, Program, Android studio merupakan software terbaru dan paling direkomendasikan bagi para developer android. Ada beberapa alasan yang memb...


2 comments:

  1. sebenernya kepengen buat apk tapi saya buta kode programernya hikss .//

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dengan membuat yang paling sederhana dulu. Pasti bisa. :D

      Delete

Silakan berkomentar ....