Jenis Linux Jilid 1

 on Wednesday, October 1, 2014  

Sekarang ini banyak sekali distribusi Linux yang beredar dimasyarakat. Beberapa distribusi atau varian Linux yang cukup terkenal adalah varian Xandros, Ubuntu, Debian, Fedora, Knoppix, Gentoo dan Slackware. Sebenarnya banyak yang lain, namun kali ini akan coba dibahas 7 saja diantaranya.

1 Xandros
Xandros Linux adalah distribusi Linux berbasis KDE. Sistem tampilan sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman. Ini menjadi salah satu alternatif bagi pengguna Windows yang berusaha berpindah pada Linux

2 Ubuntu.
Ubuntu adalah distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Ubuntu Proyek ini disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia".  Ubuntu saat ini menjadi pilihan utama bagi pengguna pemula di Linux. Alternatif atau pilihan utama bagi pengguna Windows yang beralih ke Linux. Banyak yang lebih memilih Ubuntu daripada Xandros.

3 Debian.
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian adalah 'kernel independen', artinya  sistem operasi Debian dikembangkan tanpa bergantung pada sistem operasi lain. Beda dengan Ubuntu yang dikembangkan dari Debian. Atau Fedora yang dikembangkan dari Red Hat.

4. Fedora (Fedora Core

Fedora adalah distribusi Linux berbasis RPM dan dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama berasal dari karakter Fedora. Logo fedora masih menggunakan logo Red Hat.

5. Knoppix 

Knoppix adalah Linux live-cd distro yang dapat dijalankan dari CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distribusi ini didasarkan pada Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Knoppix ini merupakan Linux Live-CD yang paling terkenal saat ini.

6 Gentoo Linux 

Gentoo Linux adalah distribusi Linux yang menggunakan sistem manajemen paket Portage. (Bandingkan dengan: Debian menggunakan paket deb, RedHat / Mandrake menggunakan paket Rpm)  Paket dalam Gentoo dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah diatur, fleksibel, dan dioptimalkan untuk setiap komputer pengguna.

7 Slackware
Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling UNIX.
Jenis Linux Jilid 1 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, October 1, 2014 Jenis, Linux, Jenis Linux, Xandros, Ubuntu, Debian, Fedora, Knoppix, Gentoo, Slackware Sekarang ini banyak sekali distribusi Linux yang beredar dimasyarakat. Beberapa distribusi atau varian Linux yang cukup terkenal adalah v...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....