Java Runtime Environment, apa itu?

 on Friday, August 22, 2014  



Bagi yang berkecimpung di dunia pemrograman, khususnya Java, pasti sering mendengar istilah JRE atau Java Runtime Environment. Kata orang JRE ini penting banget agar aplikasi ang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dalam berjalan dengan baik. Tapi betulkah itu?

Sebelum kita mengambil kesimpulan tentang penting atau tidaknya sebuah JRE untuk aplikasi kita, ada baiknya jika kita pahami dulu apa itu JRE.

Java Runtime Environment adalah alat bantu atau ‘pondasi’ yang memungkinkan kita menjalankan aplikasi Java. Teknologi ini memungkinkan kita untuk bermain online, berhubungan dengan teman-teman di seluruh dunia, membuka gambar 3D, dan lain-lain. Kenapa harus menggunakan JRE? Jawabnya : Dengan JRE,  sebagai bagian dari Java, adalah  JRE dapat dimanfaatkan untuk bekerja dan bermain dengan aman.

JRE menghubungkan browser populer, seperti Mozilla, Chrome, IE dll,  dengan platform Java. Didalam JRE terdapat komponen –komponen yang diperlukan untuk bekerja dengan aplikasi Java pada sistem. Berkat Java, pengembang dapat membuat perangkat lunak pada platform Java dan menawarkan kepada pelanggan yang menggunakan platform yang berbeda beda.  Java Runtime Environment dapat dipasang pada platform apapun.

Java Runtime Environment memungkinkan pengguna PC untuk menjalankan aplikasi yang ditulis dalam bahasa Jawa. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit bagi kita untuk mengintegrasikan Java untuk browser Anda. Anda hanya perlu menekan tombol 'Next' dan program ini akan terpasang dengan sempurna. Untuk men-download JRE pada PC atau Laptop tidak sulit sama sekali. Sangat mudah malah.

 
Salah satu fitur yang lebih khas dari JRE adalah JRE merupakan sebuah plugin yang memungkinkan Anda untuk melihat isi penuh pada browser yang berbeda. Sangat mudah untuk menavigasi Jawa sebagai desain sesuai kebutuhan pengguna dan hebatnya lagi, JRE tersedia dalam beberapa bahasa.

Kelebihan JRE secara umum adalah:

     Proses instalasi cepat dan sederhana;
     JRE terintegrasi dengan browser;
     Pembaruan otomatis;
     Versi terbaru melarang redistribusi Java aplikasi tanpa otorisasi;
     Tersedia dalam berbagai bahasa.

 
JRE adalah toolkit yang cocok untuk bermain game online, menonton semua jenis video, dan mendapatkan berbagai fitur. Sangat disarankan untuk men-download Java Runtime Environment secara gratis dan kita tidak akan pernah mengalami masalah.


Java Runtime Environment adalah produk yang dikembangkan oleh Oracle. Situs ini tidak secara langsung berafiliasi dengan Oracle. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, nama produk dan nama perusahaan atau logo yang disebutkan di sini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Java Runtime Environment, apa itu? 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Friday, August 22, 2014 JRE, Java, Runtime, Environment Bagi yang berkecimpung di dunia pemrograman, khususnya Java, pasti sering mendengar istilah JRE atau Java Runtime Environment. Kata or...


4 comments:

  1. wah jadi nambah Ilmu terima kasih mas Iwan ilmunya ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas , semoga bermanfaat :D , daripada lupa , hehehe

      Delete
  2. tanpa JRE ini berarti nggak bisa online dong......keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga seperti itu Pak. Salam hangat dari Semarang Pak. :)

      Delete

Silakan berkomentar ....