Model Kit Gundam, sebuah hobi untuk semua umur

 on Thursday, July 3, 2014  

Seperti hobi –hobi lain, hobi merakit robot – robotan dari plastik ini sangat banyak pengemarnya. Mulai dari anak- anak sampai dengan orang dewasa tertarik untuk mencoba merakit potongan – potongan plastik mungil menjadi sebuah model robot yang menawan hati. Seperti apa sih hasilnya? Silakan lihat pada gambar dibawah ini.

Kesulitan dalam merakit merupakan suatu daya tarik dan kepuasan tersendiri untuk para peminat Modet Kit ini. Alasan lain, hobi ini pengingatkan para pehobi terhadap film Gundam Wing yang populer pada sekitar tahun 2000. Disusul dengan anime Gundan Seed pada tahun 2004.


Model Kit yang langka dan menarik minat para pehobi ini bisa mencapai harga 2-3 juta rupiah lho. Suatu angka yang fantastis untuk “sebuah mainan plastik” kan?

Komunitasnya pun sudah cukup banyak. Mulai dengan komunitas “Gundam Indonesia” yang berdiri pada tahun 2008. Setelah itu muncul komunitas- komunitas lain yang mewadahi para pehobi Model Kit Gundam ini. Biasanya para anggota komunitas saling berdiskusi tentang Model Kit-nya, atau sekedar memamerkan koleksi pribadinya. Tapi tak jarang pula yang melakukan “bisnis” dengan jual beli Model Kit.

Di tingkat internasional, prestasi komunitas Gundam di Indonesia cukup bagus. Pada bulan Desember tahun 2010 menjadi salah satu juara dalam kompetisi Gunpla World Cup Competition 2010 di Hongkong. Ada empat kategori yang dilombakan , yaitu Junior (usia sampai 14 tahun), Open (usia di atas 15 tahun), New Challenger (khusus yang belum pernah mengikuti kompetisi), serta Group(terdiri dari 2 atau 3 orang lebih), dan satu tambahan kategori tambahan, yaitu Expert(pernah atau menjadi juara).

Merakit robot Gundam ternyata semakin digemari bukan hanya oleh kalangan anak-anak, melainkan juga remaja dan dewasa di Indonesia. Terbukti, prestasi Indonesia dalam merakit robot mainan dari Grup Bandai, Jepang, itu baru saja mengukir prestasi, akhir Desember lalu. Penilaian pemenang tersebut didasarkan pada keahlian pewarnaan modifikasi dan dekorasi (penggunaan materi lain) serta kreativitas (diorama, orisinalitas, pose, warna, dan konsep). Juri dalam kompetisi ini antara lain Katsumi Kawaguchi, seorang master Gunpla dari Jepang, perwakilan dari media hobi, serta komunitas hobi Gundam di Hongkong.
Untuk dapat merakit Model Kit Gundam dibutuhkan keahlian tersendiri, dan mainan ini mempunyai karakter dan tingkat kesulitan berbeda-beda dalam perakitannya sehingga tak hanya nanak- anak saja yang ikut dalam hobi ini.

Bagi Anda yang ingin mencicipi asiknya menyatukan potongan – potongan plastik menjadi sebuah karakter robot ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah memilih Pilih model mana yang sesuai dengan hobi anda sebelumnya. Bila anda berlatar belakang teknis, suka teknologi, punya keingintahuan yang kuat tentang cara kerja alat maka model robot asal Jepang bisa jadi pilihan tepat sebagai hobi.

Siapkan minimal dana untuk model kit, alat rakit sederhana dan lem super. Alat rakit sederhana yang diperlukan seperti pemotong (cutter), pinset untuk memegang komponen kecil dan lem super untuk merekatkan kembali komponen yang patah.

Pertimbangkan harga model yang akan dipilih, misalkan untuk model robot tersedia Armored Core, Gundam, LBX dan lain-lain. Harga model Armored Core sekitar 2 kali harga Gundam. Harga LBX sekitar 1-1,5 kali harga Gundam. Semua untuk ukuran yang kira-kira setara. Harga sangat menentukan jumlah komponen, detil dan kerumitan rakit. Untuk Gundam terdapat level Super Deformed (SD) Grade , Entry Grade (EG), High Grade (HG), Real Grade, Master Grade (MG), Perfect Grade (PG) dan Mega Size. SD adalah yang paling kecil, Mega Size ukuran terbesar. Harga model SD sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Harga HG berkisar antara 100-250 ribu rupiah. RG 300 ribu rupiah. MG antara 350 ribu sampai 600 ribu rupiah. PG antara 1 juta - 3,5 juta rupiah.

Pilih kualitas bahan apa yang tepat. Untuk pemula pilih saja bahan plastik biasa. Model dengan versi bahan dari Resin, Metal Looks, Titanium Looks atau Metal Parts membuat harga total model kit bisa sangat mahal sampai lebih dari 3 kali lipat.

Perhatikan level keterampilan. Cermati buat siapa model ditujukan, minat, hobi dan sejarah.
Sebaiknya anda mengetahui sejarah model kit. Anda perlu tahu apa yang membuat istimewa model kit yang akan anda beli.
Model Kit Gundam, sebuah hobi untuk semua umur 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, July 3, 2014 Hobi, Model, Kit, Gundam, Model Kit. Robot, Merakit Seperti hobi –hobi lain, hobi merakit robot – robotan dari plastik ini sangat banyak pengemarnya. Mulai dari anak- anak sampai dengan orang...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....