OpenOffice yang penuh fitur bermanfaat.

 on Wednesday, April 2, 2014  

DI Indonesia , lebih banyak orang yang menggunakan software berbayar M*******f Office daripada yang menggunakan software perangkat lunak gratis seperti OpenOffice, LibreOffice atau yang lainnya. Apakah ini berarti penjualan perangkat lunak itu jadi tinggi di Indonesia? Ternyata tidak. Diakui atau tidak, masih banyak warga kita yang masih menggunakan SOFTWARE BAJAKAN, tidak terkecuali pada software yang digunakan untuk keperluan kantor ini (Office Suite).

Padahal kalau kita lihat lebih jauh, banyak keunggulan yang disandang oleh OpenOffice bila dibandingkan dengan software berbayar diatas. Salah satunya adalah ada komponen utama di OpenOffice yang tidak ada pada software berbayar. Memang , di OpenOffice ada Writer yang sepadan dengan Word. Di OpenOffice ada Calc yang sepadan dengan Excel di software berbayar tersebut diatas. Di OpenOffice ada Impress  yang sepadan dengan PowerPoint diatas. Di OpenOffice ada Math yang sepadan dengan Equation Editor. Di OpenOffice ada Base yang sepadan dengan Access. Namun tahukah bahwa di OppeOffice ada Draw yang belum ada sepadannya? Tidak percaya? Cek saja.

Lebih jauh, ada satu sifat OpenOffice yang belum tertandingi oleh software berbayar yaitu masalah fleksibilitas. OpenOffice bisa dipasang atau diinstall pada banyak sistem operasi. Kita bisa install OpenOffice pada Sistem Operasi Windows. Disandingkan dengan Linux juga tidak menolak. Install di BSD? Bisa tuh. Bagaimana dengan Machonthos OS X? Bisa tidak diinstall OpenOffice? Bisa dong. Bahkah OpenOffice tidak akan menolak waktu disandingkan dengn Sistem Operasi Unix, keren kan. Sedangkan software berbayar hanya bisa ‘dipasangkan’ dengan Windows dan Mac OS X saja kan?

OpenOffice ini dikembangkan oleh Sun Microsystems dengan dibekali lisensi LGPL sehingga boleh kita miliki dan kita sebarkan secara bebas dan tidak perlu membayar lisensi. Perangkat lunak  ini sebenarnya merupakan penggabungan dari beberapa aplikasi seperti ; OpenOffice Writer, OpenOffice Calc, OpenOffice Impress, OpenOffice Draw, OpenOffice Math, dan OpeOfficeBase.

Yang tak kalah penting untuk diketahui, OpenOffice memiliki banyak format file. Salah satu format file itu adalah format file sofware berbayar diatas. Dan lagi, file file pada OpeOffice bisa di export menjadi file PDF, HTML, XHTML, dan lain lainnya.

Mantap kan?

OpenOffice yang penuh fitur bermanfaat. 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Wednesday, April 2, 2014 linux, openoffice, legal software DI Indonesia , lebih banyak orang yang menggunakan software berbayar M*******f Office daripada yang menggunakan software perangkat lunak gr...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....