Analisa SWOT e Government

 on Monday, March 31, 2014  

Kekuatan (Strengths)
e-Government memiliki kemampuan untuk :
  1. Menciptakan proses interaktif dengan pelaku usaha untuk menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional.
  2. Mendukung terciptanya transaksi pelayanan publik yang berkualitas, cepat, dan terjangkau oleh masyarakat, aparatur, instansi pemerintahan lain maupun pelaku usaha.
  3. Memberikan alternatif pada mekanisme dan saluran komunikasi dengan pihak – pihak yang terlibat dalam proses e-Government.
  4. Menciptakan transparansi dan efisiensi pada manajemen dan proses kerja sehingga meningkatkan layanan pada masyarakat.
  5. e-Government mampu meningkatkan efisiensi koordinasi urusan pemerintahan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Kelemahan (Weaknesses)
  1. Adanya e-Government membutuhkan adanya sebuah kultur baru sehingga penerapannya membutuhkan waktu yang relatif lama.
  2. Adanya e-Government membutuhkan pola pikir yang tebuka terhadap  teknologi baru, sehingga perlu adanya sosialisasi kepada semua yang terlibat dalam proses e-Government
  3. Membutuhkan ketersediaan perangkat server dan software legal yang relatif cukup banyak sehingga membutuhkan biaya tambahan.
  4. Membutuhkan sumber daya manusia yang handal di bidang TI. Perlu adanya tranfer teknologi dan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan oleh semua yang terlibat dalam proses e-Government
  5. Memerlukan integrasi database dan sistem aplikasi secara menyeluruh yang tidak muda pelaksanaannya karena menyangkut ego sektoral dan kebijakan pimpinan
  6. Membutuhkan infrastruktur yang memadai dari sisi jumlah maupun kualitas yang tentunya relatif mahal
  7. Perlu adaya tempat akses yang handal dan cukup banyak yang tentunya tidak murah

Peluang (Opportunities)
  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan perangkat yang mumpuni untuk mempercepat pembangunan yaitu sebagai katalisator pembangunan ekonomi.
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diyakini memberikan potensi besar untuk meningkatkan proses pembangunan yang berkesinambungan melalui penerapan e-government.
  3. Penerapan e-Government mampu mewadahi semua kegiatan-kegiatan lokal di Internet, memperluas akses lokal dan keterampilan, membuka layanan interaktif , dan meningkatkan partisipasi warga dan pengelolaan wilayah menuju peningkatan kemampuan dan daya saing daerah
  4. Penerapan e-Government merupakan “enabler" yang membuka kesempatan atau kemungkinan baru yang tidak bisa diraih dengan mengguna cara – cara terdahulu (tanpa e-Government).

Ancaman (Threats)
  1. Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat merupakan hal yang harus selalu diperhatikan dalam penerapan e-Government.
  2. Perubahan kepemimpinan dalam era otonomi daerah yang cukup cepat adalah satu variabel yang sangat mempengaruhi proses dan keberhasilan e-Government. Tidak adanya perhatian dan dukungan dari pimpinan mampu menghambat penerapan e-Government.
  3. Ketidakpastian bentuk kelembagaan pelaksana e-Government menjadi rintangan serius dalam penerapannya di Jawa Tengah.
  4. Perubahan kondisi global / internasional yang tidak kondusif akan sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan penerapan e-Government.
  5. Ketidakmampuan adaptasi perubahan pada budaya kerja yang mendukung e-Government akan sangat menhambat penerapannya.
Analisa SWOT e Government 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Monday, March 31, 2014 e-gov, e gov, electronic government Kekuatan (Strengths) e-Government memiliki kemampuan untuk : Menciptakan proses interaktif dengan pelaku usaha untuk menghadapi perub...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....