Aplikasi Pertama di Andriod menggunakan Java dan Eclipse

 on Thursday, January 2, 2014  

Pengenalan

Saat ini, siapa sih yang belum pakai Android? Hampir semua orang menggunakan Android. Tentunya hal ini juga membuat beberapa orang tertarik untuk menjadi programmer Android. Berdasar hal diatas, penulis mencoba menulis suatu artikel tentang membuat aplikasi android yang paling sederhana. 


Semoga artikel ini bisa “mendorong” semangat programmer yang mulai mencoba mengenal pemrograman Android. Artikel in mencoba untuk memaparkan  dasar-dasar (sangat dasar) dari SDK Android (Android Software Development Kit) dan bagaimana membangun aplikasi Android dengan Eclipse. Untuk memahami artikel ini, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pemrograman di Java, tapi mungkin bisa membantu bila memahami dasar-dasar pemrograman berorientasi objek. Arikel ini menjelaskan cara membuat Project Android di Eclipse bagi programmer Android yang masih pemula, bekerja dengan sumber daya.

Aplikasi Pertama

Aplikasi pertama? Tentulah “Hello World”. Kenapa harus “Hello Wordl”? Penulis juga tidak tahu alasannya. Tapi itulah , tiap aplikasi pertama tentu “Hello World”.
Pertama-tama, jalankan Eclipse. Kemudian pilih "File / New / Project". Dalam "New Project" dialog, pilih "Android / Proyek Android" dan klik "Next". Untuk lebih jelasnya, lihat gambar “New Android Project” dibawah / disamping ini.

Pada kotak ini  kita dapat mengatur banyak hal tentang proyek aplikasi Android kita yang pertama ini. Langkah pertama, kita perlu memberikan proyek nama, silakan beri nama apa saja terserah Anda, penulis menggunakan nama  "Hello World" di kotak nama.
 
Selanjutnya Anda harus memilih versi Android yang ingin Anda gunakan. Di sini kita memilih versi 2.2. Seperti yang kita lihat di kolom terakhir, kita perlu API Versi 8 untuk versi Android ini, jadi kita mengetik "8" di kotak Min SDK Version. Selain itu, proyek ini membutuhkan nama aplikasi. (Perhatikan bahwa nama ini juga digunakan dalam kode, sehingga nama tidak boleh menggunakan spasi). Biasanya, Anda menggunakan nama proyek dan menghapus semua spasi putih (misalnya, "helloworld" untuk proyek ini).
 

Selanjutnya, kita harus menentukan paket proyek. Kita akan menggunakan "com.test.helloworld" di sini (paket dapat mengelompokkan beberapa kelas). Setidaknya, Anda membutuhkan nama untuk Activity (satu App mungkin memiliki beberapa untuk Activity). Activity merupakan bagian dari  aplikasi). Dalam contoh ini, kita hanya menggunakan "HelloWorldApp". Silakan pergunakan nama Activity yang lain ingin.




Untuk selanjutnya, tunggu di artikel setelah ini, oke? Janji kok. Hehehehe. Biar penasaran juga sih.....
Aplikasi Pertama di Andriod menggunakan Java dan Eclipse 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, January 2, 2014 Pengenalan Saat ini, siapa sih yang belum pakai Android? Hampir semua orang menggunakan Android. Tentunya hal ini juga membuat beberapa o...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....