GIMP, Sebuah Photoshop rasa Linux

 on Saturday, December 14, 2013  

Banyak dari kita yang telah mengenal Adobe Photoshop. Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi pengolah gambar ini. Banyak pengguna komputer telah memanfaatkan aplikasi yang sangat membantu untuk memanipulasi gambar ini. Sungguh sebuah aplikasi yang sangat dianjurkan untuk dimiliki. Untuk memilikinya tentunya ada harga dalam bentuk dollar Amerika yang harus Anda pindahkan ke rekening bank milik pembuat aplikasi ini. Memang cukup banyak untuk ukuran kantong pelajar, mahasiswa atau blogger seperti penulis ini. Hehehehe.

Lalu bagaimana cara memilikinya kalau “kantong kita kurang dalam”? Jangan kawatir, teman. Ada sebuah aplikasi bernama GIMP yang memang sangat mirip fasilitasnya dengan Photoshop. Bagaimana dengan “kantong kita yang kurang dalam”? Jangan kawatir, GIMP ini boleh kita gunakan tanpa keharusan membayar. Asik kan.

Walau gratis, fasilitas dan kemampuannya tidak dibawah Photoshop lho. Kemampuan sungguh sangat mantap dan bisa melakukan banyak hal yang bisa kita lakukan dengan bantuan Photoshop. Para pembuatnya telah bekerja keras untuk membuat GIMP ini mampu menjadi pesaing utama Photoshop.

Ada yang tahu kepanjangan dari GIMP? Ya , memang tidak banyak yang tahu. Penulis sendiri baru tahu kepanjangannya setelah iseng – iseng meng klik fungsi Help nya. Kepanjangan dari GIMP adalah GNU Image Manipulation Program. Kalau diterjemahkan secara bebas artinya adalah Program untuk Pengolah Gambar berlisensi GNU. Apa pula itu GNU? Itu diulas pada postingan lain. Cari saja di blog ini, pasti ketemu.

Pada versi GIMP 2.8.4 tertulis “Copyright 1995 – 2013” yang artinya hak ciptanya masih berlaku untuk tahun 2013 ini. Walau ada hak cipta, jangan mengkaitkannya dengan harus bayar ya. Ini termasuk Free Open Source Software. Para pembuatnya, diantaranya Spencer Kimball dan Peter Mattis , juga seluruh GIMP Development Team tetap mendaftarkan lisensinya sebagai Free Open Source Software (FOSS).

Karena GIMP adalah FOSS, maka kita dapat membagi atau memberikannya kepada orang lain untuk mereka gunakan. Kita juga dapat memodifikasinya sehingga menjadi lebih baik. Tenang, tidak akan ada yang protes atau memnuntut karena GIMP dibawah lisensi GNU General Public License atau GNU GPL yang dipublikasikan oleh Free Software Foundation. Untuk lebih jelasm lihat postingan lain di blog ini tentang lisensi FOSS.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan GIMP, salah satunya adalah kemudahan dalam pengoperasian dan bantuan yang disediakan. Kita tinggal menekan tombol F1 dimana saja jika ada hal yang kurang kita mengerti. Nanti akan muncul satu fasilitas help yang memberikan penjelasan mengenai banyak hal. Asik gak tuh?

GIMP juga menyediakan layer layer untuk pengguna agar pengguna bisa mengorganisasi gambar- gambar yang akan diolahnya dengan lebih mudah. Bayangkan saja layer layer itu adalah tumpukan plastik transparan bergambar yang bisa kita gabungkan untuk mendapatkan efek tertentu. Mau tahu lebih banyak? Tunggu posting lanjutannya ya..... Atau yang lebih enak adalah... coba pakai GIMP. Gimana berani mencoba?
GIMP, Sebuah Photoshop rasa Linux 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Saturday, December 14, 2013 Banyak dari kita yang telah mengenal Adobe Photoshop. Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi pengolah gambar ini. Banyak pengguna kompu...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....