Tentang Ruby on Rails

 on Thursday, September 12, 2013  

Sebelum kita bisa memahami apa itu Ruby on Rails, kita perlu melihat dulu apa itu Ruby.  Ruby boleh dikatakan sebagai suatu bahasa pemrograman komputer yang mempunyai keunggulan tersendiri.  Wikipedia bahasa Indonesia menyebutkan bahwa Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memberikan perintah pada komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan sebuah aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan perintah komputer. Bahasa ini membuat seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Keunggulan itu antara lain adalah kemudahan penggunaannya. Ada yang bilang semudah Perl dan Phyton. Kekuatan lainnya adalah “keanggunan” konseptualnya mirip Smalltalk. Ruby ini dikategorikan sebagai bahasa pemrograman Object-Oriented seperti Java. Bahasa in “lahir” di Jepang dan dengan cepat diterima di Amerika dan di Eropa.
Yang tak kalah pentingnya adalah lisensi-nya yang masuk dalam kategori Open Source. Perpustakaannya demikian kaya, banyak fungsi dan fasilitas yang ditawarkan. Bug yang ada juga sangat sedikit, sehingga boleh dikatakan sangat handal. Sangat mungkin untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum secara luas.
Seperti apa sih Ruby itu? Perhatikan potongan program sederhana dibawah ini.

# Program Kecil
   class Hello
      def initialize( name )
         @name = name.capitalize
      end

      def salute
         puts "Apa kabar #{@name}!"
      end
   end
   # Membuat obyek baru
   h = Hello.new("Ruby")
   # Hasil Keluaran "Apa kabar Ruby!"
   h.salute

Kalau Rails itu apa ya? Rails merupakan sebuah kerangka web-aplikasi yang sangat produktif. Dengan rails, membuat aplikasi web menjadi lebih menyenangkan. Rails ini “diciptakan” oleh David Heinemeier Hansson. Di klaim, dengan menggunakan Rails, Anda bisa mengembangkan aplikasi web setidaknya sepuluh kali lebih cepat jika dibanding tanpa Rails. Wah ngeri juga ya.
Lebih asiknya lagi,  tidak diperlukan lagi untuk melakukan kompilasi dan telah mendukung konsep pengembangan aplikasi dengan model database-driven Model-View-Controller. Mantap kan?. Jumlah baris kode yang diperlukan benar- benar sedikit.

Tertarik menggunakan Ruby on Rails? 
Tentang Ruby on Rails 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, September 12, 2013 Sebelum kita bisa memahami apa itu Ruby on Rails, kita perlu melihat dulu apa itu Ruby.   Ruby boleh dikatakan sebagai suatu bahasa pemrogr...


4 comments:

  1. bahasanya berat pak :D

    saya kurang paham bahasa pemrograman, hanya sedikit bisa kode html :D

    ReplyDelete
  2. Saya juga sependapat dengan Mas Imam Boll.

    Saya juga kurang begitu faham dengan bahasa pemrogaman.

    Maklum saya jurusan mesin yang banting setir ke marketing.

    Hehehee..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar ....