Lebih jauh tentang LibreOffice : Bagian 1

 on Monday, September 30, 2013  

Yang sering menjadi pertanyaan adalah kenapa kita mempergunakan [LibreOffice] ? Ada beberapa keuntungan yang mungkin bisa menjadi alasan yang pas untuk menggunakan LibreOffice. LibreOffice ini juga dipergunakan di [Linux Softice] .


Yang pertama adalah satu kata yang disukai oleh banyak orang, yaitu gratis alias Tidak ada biaya lisensi. LibreOffice boleh dipakai oleh siapa saja untuk menggunakan dan mendistribusikan tanpa biaya. Bahkan import ke PDF pun juga gratis. Tidak ada biaya tersembunyi sekarang atau di masa depan .

Alasan lain adalah sifat LibreOffice yang [“Open Source”], sehingga kita sah-sah saja jika mendistribusikan, memperbanyak, meng-copy untuk orang lain, bahkan kita bebas memodifikasi sesuai dengan keinginan kita tanpa harus minta ijin dulu dari pengembang LibreOffice.

Hebatnya lagi, LibreOffice juga bersifat Cross-platform, artinya software ini mampu berjalan pada beberapa arsitektur hardware dan di bawah beberapa sistem operasi , seperti Microsoft Windows , Mac OS X dan Linux.

Disamping alasan – alasan diatas, dukungan bahasa yang luas juga merupakan alasan yang patut diperhatikan. LibreOffice user interface tersedia dalam lebih dari 40 bahasa dan proyek LibreOffice menyediakan ejaan , hyphenation , dan kamus tesaurus di lebih dari 70 bahasa dan dialek . LibreOffice juga menyediakan dukungan untuk bahasa tata  Urdu , Ibrani, dan Arab.

Belum lagi sifatnya yang konsisten. Semua bagian atau aplikasi yang ada dalam LibreOffice memiliki " tampilan dan nuansa serupa". Hal ini akan membuat pengguna lebih mudah dalam mempelajari dan mempergunakan LibreOffice. Perangkat lunak yang satu ini juga sangat terintegrasi. Ini dibuktikan dengan adanya berbagi ejaan umum dan alat-alat lain , yang digunakan secara konsisten di seluruh komponen LibreOffice . Misalnya, alat gambar yang tersedia di Writer juga ditemukan pada Calc , dengan versi yang sama tetapi ditingkatkan pada Impress dan Draw. Kita boleh saja membuka file Menggambar dari Writer.

Pertimbangan lain adalah sifat kompatibilitas file yang benar-benar ampuh. Selain format OpenDocument asli (ODF), LibreOffice juga mampu menghasilkan file PDF dan Flash , serta dukungan untuk membuka dan menyimpan file dalam berbagai format umum termasuk Microsoft Office , HTML , XML , WordPerfect , dan format Lotus 1-2-3 . 


Lebih jauh tentang LibreOffice : Bagian 1 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Monday, September 30, 2013 Yang sering menjadi pertanyaan adalah kenapa kita mempergunakan [LibreOffice] ? Ada beberapa keuntungan yang mungkin bisa menjadi alasan y...


2 comments:

  1. Setuju, setiap hari saya juga menggunakan Libre dan kingsoft, mlasa pakai bajakan heeheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas, dilanjut dan dorong teman2 lain pakai LibreOffice

      Delete

Silakan berkomentar ....