Variabel Dalam Java

 on Thursday, January 31, 2013  


Di dalam komputer, data yang kita miliki disimpan dalam memori. Data bisa diakses dengan menyebut alamat memorinya, bukan menyebut isi datanya. Alamat memori ini bisa digantikan dengan sebuah nama. Penggantian ini hanya bisa dilakukan pada bahasa tingkat tinggi (Higgh Level Language). Seorang programmer akan menyebut nama dan computer akan mengambil data yang diwakili oleh nama tersebut dari memori computer. Nama seperti inilah yang disebut dengan Variabel.
Teknik penanganan variable memegang peranan penting dalam sebuah pemrograman. Seorang programmer harus paham dan sangat mengerti cara memberi nama dan aturan penggunaan nama tersebut. Tukang koding ini harus paham benar sintak dan simantik dari sebuah variable.
Dalam Java, penamaan variabel harus merupakan 1 karakter atau rangkaian karakter yang dimulai dengan huruf dan boleh dilanjutkan dengan huruf, angka dan ‘underscore’ (garis bawah). Berikut contoh yang diperbolehkan :
X , x , jumlah2, rata_2, g3,G3, h29H2, nama_kota_awal_anggota
Pada contoh diatas ada variabel x dan X , dalam Java yang menganut case sensitive, dianggap variabel yang berbeda. Begitu juga dengan g3 dan G3 adalah dua variabel yang berbeda sama sekali.
Ada pula rangkaian karakter atau kata yang disebut ‘Reserved Word’, yaitu kata kata yang sudah dicadangkan oleh Java. Rangkaian / kata ini tidak boleh dipakai sebagai variabel. Contohnya : public, class, if, else, static, while, for, void, dan lain-lain.
Cara untuk memasukkan data / alamat data ke dalam variabel adalah dengan memanfaatkan pernyataan pemberian nilai atau ‘assignment statement’. Bentuk umumnya :
Variabel = ekspresi;
Ketika perintah dijalankan, maka apaun nilai yang ada pada ekspresi akan disimpan pada memori dan alamatnya disimpan pada variabel tersebut.
Contoh :  jumlah_anggota = 25; hasilx = 2 * sp;
Pada pernyataan diatas, jumlah_anggota dan hasilx merupakan variabel, sedangkan ekspresinya adalah 25 dan 2 * sp;
Nilai 25 dan hasil operasi 2 * sp akan disimpan dalam memori dan alamatnya disimpan dalam variabel.
Variabel Dalam Java 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, January 31, 2013 Di dalam komputer, data yang kita miliki disimpan dalam memori. Data bisa diakses dengan menyebut alamat memorinya, bukan menyebut isi dat...


3 comments:

Silakan berkomentar ....