Java itu Sulit untuk Manusia Indonesia

 on Wednesday, December 26, 2012  


Banyak yang mengatakan belajar Java itu susah. Bahkan ada yang mengatakan bahasa Java adalah bahasa paling menyebalkan yang diajarkan di Perguruan Tinggi. Hal itu karena Java adalah bahasa yang sulit dimengerti oleh manusia , terutama di Indonesia, termasuk mahasiswa dan mahasiswi (hehehehehe).

Hal itu juga diperkuat dengan anggapan dari lingkungan sekitar kita yang menganggap Java adalah mimpi buruk untuk programer, terutama programer baru.

Beberapa kenalan menyampaikan bahwa untuk bikin program “Hello World” saja , butuh waktu 5 bulan.  Error…error….error… error …..

Sebenarnya Java itu benar benar sulit gak sih ? Terus apa yang bikin Java iu sulit? Kalau kita mau kaji sedikit, yang membuat Java itu susah justru merupakan kekuatan Java yang sebenarnya. Fitur dan kemampauan Java yang sangat banyak dan sangat kaya, yang bisa di jalankan disemua platform yang ada , merupakan “biang keladi” susahnya Java.

Jadi benar susah kan ? Nggak juga lho.

Begini, coba bawakan saya seorang profesor bahasa Inggris yang paling terkenal dan paling pandai dari Inggris sana. Trus ketemukan dengan nenek penjual sayur di pasar tradisional di Yogya, Solo, atau Semarang…. Ajak berdialog dengan bahasa Jawa Halus ( kromo inggil ) tentu sang profesor akan berpendapat bahasa Jawa susah. Padahal untuk saya pribadi, yang dari kecil sering diajari bahasa Jawa kromo inggil, bahasa Inggris itu lebih susah …. (betul kan ?)

Kunci susah dan tidak susah itu adalah “terbiasa” , kalau belum terbiasa ya.. susah… ( kayak si profesor ) … kalau sudah terbiasa.. maka …. akan sangat mudah.

Kesimpulannya , Java itu gampang? atau susah? menurut Anda ?
Java itu Sulit untuk Manusia Indonesia 4.5 5 Darto Iwan Wednesday, December 26, 2012 Banyak yang mengatakan belajar Java itu susah. Bahkan ada yang mengatakan bahasa Java adalah bahasa paling menyebalkan yang diajarkan di P...


4 comments:

  1. He he he ... aku ngaku pak .... kalau aku sukanya yang gampang2 seperti memperbaiki komputer rakit komputer instal dan aninstal software dll, kalau program meskipun sudah dapat sertifikan JENI sampai 6 tapi masih aja tetep kurang tertarik, [mungkin karena saya sudah terjun di pekerjaan dan dipekerjaan saya tidak mengharuskan pakai java] terus bos saya tu malah lebih suka yang instan dan cepet kalau harus buat dari nol misal website akan memakan waktu terlalu lama buat saya.. xixixixi tapi sip lah memang kata2 yang seperti ini yang belum saya dapat kenapa dari dulu saya tidak suka java he he he mohon petunjuknya masih bingung ambil skripsi apa ni pak .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah biasa pake , pasti nanti suka. Apa coba buat skripsi tentang kriptologi dengan bahasa java? Belum ada yanng sentuh lho.

      Delete
  2. JAVA sebenarnya sangat mudah, buktinya saya belajar JAVA dan VB, tetapi yg saya bisa hanya JAVA....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali mas/pak Adi Purnomo. apapun yang biasa kita kerjakan , akan terasa mudah....
      Makasih atas kunjungannya.

      Delete

Silakan berkomentar ....