Ada apa dengan JQUERY pada PHP ?

 on Friday, December 28, 2012  

JQuery adalah library JavaScript yang dapat membantu kita mempermudah dan mempercepat pengolahan pada halaman web. Dengan jQuery kita dapat membuat web lebih menarik dan interaktif dengan mudah.

jQuery sudah mengautomasi pekerjaan-pekerjaan yang umum dan menyederhanakan code yang kompleks. Library ini sangat kecil dan mempunyai banyak pluggin yang dapat mempermudah kita.

Write less, do more” yang merupakan sloganJQuery menggambarkan sedikit sekali menulis code, tapi bisa melakukan banyak hal yang bagus. Lisensi JQuery adalah  GNU General Public License dan MIT License.  Ukuran Jquery hanya sekitar 20 KB dalam satu file. Namun demikian, bagi yang menginginkan fungsi lebih, JQuery memungkinkan penambahan fungsionalitas dalam bentuk plugin. Saat ini tersedia ribuan plugin yang dapat diperoleh secara gratis di internet. JQuery diperkenalkan oleh John Resig pada tahun 2006.

Keuntungan jQuery :
         Pustaka yang lengkap
         Kompatibilitas dengan semua web browser
         Banyak plug in yang tersedia secara online dan graris

Kemampuan JQuery :
  1.    Mengubah tampilan bagian halaman tertentu. Beberapa perintah CSS tidak didukung oleh semua browser. Dengan JQuery masalah tersebut bisa
  2.     Mengubah isi dari halaman. Mengganti teks, menambahkan teks atau gambar, mengurutkan suatu daftar (list), menghapus baris tabel dan sebagainyaharus dilakukan secara manual yang membutuhkan banyak code. Dengan Jquery , cukup sedikit code.
  3.    Menambahkan animasi ke halaman. Animasi milik JQuery memang masih sederhana namun cukup bagus dan ringan sekali.
  4.       Merespond interaksi user dalam halaman. Event handling pada Javascript terbatas pada object-object tertentu, dan jenisnya pun terbatas. JQuery melengkapi semuanya dengan tambahan penanganan event-handling yang semakin mudah.
  5.        Mengakses bagian halaman tertentu dengan mudah.
  6.    Untuk mengakses suatu bagian tertentu dari halaman, harus mengikuti aturan Document Object Model (DOM) dan harus sesuai dengan struktur HTML. JQuery menyajikan teknik yang sangat mudah melakukan hal tsb diatas.
  7.      Mengambil sebagian informasi dari server tanpa me-refresh seluruh halaman.
  8.     Ini merupakan konsep dasar AJAX (Asynchronous Javascript and XML). JQuery mendukung penggunaan AJAX dengan mempermudah code AJAX. JQuery mampu menyederhanakan penulisan Javascript biasa.  Sedikit sekali menulis code, tapi bisa melakukan banyak hal

Untuk dapat menggunakan JQuery kita perlu men-Download jQuery di website resminya http://jquery.com/. Setelah itu, copy file library Jquery pada tempat / folder yang benar

Ada istilah Selector dalam JQuery. Selector adalah fungsi utama pada jQuery. semua fungsi lainnya di jQuery dapat diakses melalui selector. Penggunaan paling dasarnya adalah mempassingkan sebuah ekspresi (biasanya ekspresi css) yang kemudian selanjutnya jQuery akan mencari elemen yang cocok.

Sintaks jquery biasanya dibuat untuk memilih elemen-elemen HTML dan melakukan aksi terhadap elemen yang dipilih.
Sintaks :
$(selector).action()
• Tanda dollar, untuk mendefinisikan jQuery
• (selector), untuk menunjukkan elemen yang dipilih atau dituju
• action(), adalah jQuery action yang akan dilakukan terhadap elemen yang dipilih.

Contoh:
$(this).hide() – menyembunyikan elemen saat ini 

Ada yang kurang ?
Ada apa dengan JQUERY pada PHP ? 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Friday, December 28, 2012 JQuery adalah library JavaScript yang dapat membantu kita mempermudah dan mempercepat pengolahan pada halaman web. Dengan jQuery kita dapat...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....